Selasa 10 Nov 2020 21:06 WIB

3 Jamaah Umroh Indonesia Positif Covid-19 Diswab Ulang Besok

Kondisi tiga orang jamaah umroh tersebut stabil dan masih diisolasi di hotel.

Rep: Mabruroh/ Red: Muhammad Fakhruddin
3 Jamaah Umroh Indonesia Positif Covid-19 Diswab Ulang Besok (ilustrasi).
Foto: Reuters
3 Jamaah Umroh Indonesia Positif Covid-19 Diswab Ulang Besok (ilustrasi).

IHRAM.CO.ID,JAKARTA -- Sebanyak tiga jamaah asal Indonesia pada gelombang pertama positif Covid-19. Tiga jamaah tersebut, besok Rabu (11/11) akan diswab ulang.

"Iya betul (swab). Kalau nanti (hasil swab) negatif ya bisa umroh," kata Konjen Jeddah Eko Hartono melalui pesan tertulis, Selasa (10/11).

Saat ini kata Eko, kondisi tiga orang jamaah umroh tersebut stabil dan masih diisolasi di hotel. Mereka tidak menjalani rawat inap di rumah sakit karena kondisinya yang tidak parah. "Mereka masih karantina karena masih positif tapi di hotel kok, tidak di rumah sakit karena engga tunjukkan gejala parah," ucapnya.

Sebelumnya, Otoritas Arab Saudi melakukan swab ulang terhadap jemaah umroh asal Indonesia dan Pakistan. Hasil swab menunjukkan, tiga orang jamaah asal Indonesia positif covid-19 sedangkan jemaah Pakistan negatif semua.

Otoritas Saudi segera melakukan isolasi kepada tiga orang jemaah yang positif covid-19. Sedangkan seluruh jemaah lainnya menjalankan ibadah umroh sebagaimana jadwal semula.

Pasca menjalankan umroh, Arab Saudi juga akan melakukan tes swab kembali kepada seluruh jemaah umroh sebelum mereka kembali ke tanah air. Apabila hasil positif maka jemaah tidak akan diizinkan terbang dan harus menjalani karantina hingga hasil swab menunjukkan negatif Covid-19.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement