Visa Umroh Memang Terkendala, Tapi Belum Dihentikan

Selasa , 17 Nov 2020, 11:46 WIB Reporter :Umroh/ Redaktur : Muhammad Subarkah
Petugas tour n travel membagikan visa kepada calon jamaah umroh di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta,Tangerang, Banten, Ahad (1/11).
Petugas tour n travel membagikan visa kepada calon jamaah umroh di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta,Tangerang, Banten, Ahad (1/11).

IHRAM.CO.ID, JAKARTA--Sarikat Penyelenggara Umrah Haji Indonesia (SAPUHI) memastikan pemerintah Arab Saudi belum resmi memutuskan Indonesia tidak bisa lagi umroh karena ada jamaahnya positif Covid-19. Kepastian itu dapat dilihat dari belum adanya pemberitahuan tentang hal tersebut dari otoritas Arab Saudi.

 

Terkait

"Bahkan saya tadi bertanya kepada temen-temen apakah ada notice untuk ini (umroh diberhentikan sementara) informasinya tidak ada," kata Sekjen Sarikat Penyelenggara Umrah Haji Indonesia (SAPUHI) Ikhsan Fauzi Rahman saat dihubungi, Selasa (17/11).

Masyarakat yang berkepentingan dengan umroh tidak boleh langsung menyimpulkan, bahwa berita Arab Saudi hentikan sementara visa umrah untuk Indonesia karena ada jamaah yang positif covid. Yang mesti dipahami penghentian sementara visa umroh untuk Indonesia itu untuk perbaikan sistem umrah kedepan.

Jadi kata Ikhsan, meskipun semua tahu bersama ada jamaah yang positif dan itu sedang dicarikan protokoler yang terbaik untuk jamaah Indonesia maupun jamaah luar negeri. "Sehingga ketika ditemukan kasus positif itu penanganannya juga bisa menjadi standar baku," katanya.

Ikhsan memastikan, sampai saat ini prusahaan provider visa umroh masih bisa masuk kesistem visa umroh Arab Saudi. Artinya Saudi belum menutup kesempatan bagi jamaah Indonesia umrah. 

"Hingga saat ini memang sampai hari ini teman-teman provider visa, apply sistem tidak masalah," katanya.

Memang kata Ikhsan tak dipungkiri, teman-teman di provider visa meski sudah bisa masuk ke sistem, tetapi tidak bisa bisa masuk ke proses selanjutnya. Namun hal ini tidak bisa dikatakan Arab Saudi menutup umroh untuk Indonesia.

"Tapi memang kalau bahasa dari temen-temen provider visa itu ya mereka tidak bisa melanjutkan prosesnya. Istilah bahasa lainnya adalah maintenance system," katanya.

Ikhsan mengatakan, bahwa sistem visa umroh untuk Pakistan prosesnya lancar. Seperti diketahui hanya Pakistan dan Indonesia yang menerima tawaran umrah fase tiga di masa pandemi.

 

"Nah sebagai informasi ya hari ini Pakistan alhamdulillah lancar untuk visa umroh nya sudah keluar banyak tadi kita bisa lihat," katanya.

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini