Selasa 17 Nov 2020 23:30 WIB

Prancis Berencana Memulai Vaksinasi Covid-19 pada Januari

Skeptisisme vaksin yang berkembang di Prancis dapat mengacaukan kampanye imuniasi.

Prancis Berencana Memulai Vaksinasi Covid-19 pada Januari (ilustrasi).
Foto: EPA-EFE/BIONTECH SE
Prancis Berencana Memulai Vaksinasi Covid-19 pada Januari (ilustrasi).

IHRAM.CO.ID,PARIS -- Prancis mengatakan pada Selasa (17/11) bahwa pihaknya sedang bersiap untuk memulai kampanye vaksinasi Covid-19 secara nasional pada bulan Januari ketika mereka berharap suntikan virus akan disetujui dan tersedia. Pemerintah khawatir jutaan orang Prancis akan menolak suntikan virus corona, bahkan setelah vaksin ditemukan hampir 95 persen efektif pada hari Senin, membawa optimisme ke dunia yang menghadapi lonjakan infeksi dan serangkaian perintah baru untuk tinggal di rumah.

Dilansir dari Arab News, Selasa (17/11) perusahaan bioteknologi AS Moderna pada hari Senin mengklaim keefektifan 94,5 persen dalam uji coba vaksin klinis dengan lebih dari 30.000 peserta, setelah perusahaan farmasi AS Pfizer dan mitra Jermannya BioNTech mengatakan pekan lalu bahwa vaksin mereka 90 persen efektif.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, sekitar 42 "calon vaksin" sedang menjalani uji klinis. "Kami sedang mempersiapkan kampanye vaksinasi untuk siap saat vaksin disetujui oleh otoritas kesehatan Eropa dan nasional sehingga kami dapat segera meluncurkan vaksin," kata juru bicara pemerintah Gabriel Attal kepada televisi France 2.

Namun, skeptisisme vaksin yang berkembang di Prancis dapat mengacaukan kampanye kesehatan masyarakat tentang imunisasi.

Hanya 59 persen orang Prancis yang siap untuk divaksinasi, menurut jajak pendapat Ipsos yang diterbitkan pada bulan September, dibandingkan dengan 74 persen di seluruh dunia. "Ketakutan saya adalah tidak cukup banyak orang Prancis yang akan divaksinasi," kata Perdana Menteri Jean Castex pada akhir pekan.

Prancis telah menganggarkan $ 1,77 miliar untuk membeli vaksin pada 2021, kata Attal kepada televisi France 2.

Memperhatikan bahwa European Medicines Agency mengatakan mungkin siap untuk mengotorisasi vaksin pertama pada akhir tahun ini, Attal mengatakan Prancis telah menempatkan opsi pada “beberapa ratus juta” dosis dari berbagai perusahaan farmasi. Pilihan terakhir adalah untuk vaksin "yang memberi kita kesempatan terbaik untuk menahan pandemi" tanpa memberikan "risiko sekecil apa pun" bagi kesehatan, katanya.

Virus korona telah menewaskan sedikitnya 1.319.561 orang di seluruh dunia sejak wabah muncul di China Desember lalu, menurut penghitungan dari sumber resmi yang dikumpulkan oleh AFP pada hari Senin.

Setidaknya 54.493.680 kasus virus corona telah terdaftar di seluruh dunia. Di Prancis saja, sekitar 33.500 orang saat ini dirawat di rumah sakit dengan Covid-19, di antaranya hampir 5.000 berada dalam perawatan intensif.

Jumlah kasus harian Prancis telah menurun sejak penguncian nasional baru diberlakukan pada 30 Oktober, tetapi pemerintah memperingatkan masih terlalu dini untuk mengklaim kemenangan. Prancis telah melaporkan lebih dari 45.000 kematian karena Covid-19 sejak wabah itu merebak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement