Masjidil Haram Disterilkan dalam 35 Menit

Rabu , 18 Nov 2020, 22:00 WIB Redaktur : Muhammad Fakhruddin
Masjidil Haram Disterilkan dalam 35 Menit. Para pekerja mendisinfeksi lantai di luar Masjidil Haram di Makkah, Arab Saudi, Senin (27/7/2020).
Masjidil Haram Disterilkan dalam 35 Menit. Para pekerja mendisinfeksi lantai di luar Masjidil Haram di Makkah, Arab Saudi, Senin (27/7/2020).

IHRAM.CO.ID,MAKKAH -- Presidensi Umum Masjidil Haram dan Urusan Masjid Nabawi melakukan upaya besar dalam mensterilkan dan mengharumkan Masjidil Haram beserta halamannya, karena luasnya diperkirakan mencapai satu juta meter persegi.

 

Terkait

Dilansir dari Saudi Gazette, Rabu (18/11) Presidensi telah menyediakan lebih dari 4.000 pekerja kebersihan yang hadir sepanjang waktu, bekerja dalam empat shift. Proses pembersihan dan sterilisasi seluruh Masjidil Haram dan halamannya memakan waktu 35 menit. Sembilan tim yang terdiri dari dua pengawas untuk masing-masing tim melaksanakan tugas desinfeksi dan sterilisasi. 

Tindakan pencegahan pandemi virus Covid-19 pun telah dilakukan untuk memastikan keamanan semua pengunjung. Hal ini dikatakan juru bicara Presidensi Umum Urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi kepada Al Arabiya pada hari Sabtu lalu.

"Langkah-langkah jarak sosial akan diberlakukan setiap saat untuk mencegah keramaian," tambah Presidensi Dua Masjid Suci.

Tak hanya itu, lanjutnya, halaman Masjidil Haram dan Nabawi akan dibersihkan berulang kali sepanjang hari dengan menggunakan lebih dari 2.500 liter sterilisasi ramah lingkungan.

"Selanjutnya akan ada lebih dari 300 alat pembersih juga telah ditempatkan di sekitar Dua Masjid Suci. Tim medis juga ditempatkan di beberapa area di sekitar halaman dan ruang isolasi dan pemeriksaan medis pun telah ditetapkan untuk kasus dugaan kasus virus corona,'' katanya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini