Sabtu 21 Nov 2020 12:33 WIB

Berkunjung ke Kota Viking di Dublin Selama Masa Pandemi

Dublin kota tua bangsa Viking yang kesepian di tengah pandemi

The Jorvik Viking Festival  di Dublin.
Foto:

Dublin didirikan oleh Viking lebih dari 1.000 tahun yang lalu, dan sekarang menjadi rumah bagi hampir dua juta penduduk. Namun tetap mempertahankan perasaan kota kecil dan pesona dunia lama. Sebagian besar tempat wisata berdekatan satu sama lain, dan kota ini sangat mudah dijangkau dengan berjalan kaki, terutama selama bulan-bulan musim panas yang sejuk.

Dari taman hijau dan arsitektur Victoria hingga museum yang menarik dan seni jalanan yang penuh warna, ada sesuatu yang menarik tersembunyi di balik setiap sudut. Anda hanya perlu melihat melampaui fasad coklat dan cuaca yang suram.

Namun, seperti yang mereka katakan, sebuah gambar bernilai 1.000 kata. Jadi izinkan saya untuk membawa Anda dalam perjalanan foto melalui Dublin - selama pandemi.

Jika Anda pencinta arsitektur seperti saya, Anda pasti akan menghargai Trinity College, institut akademis tertua di Irlandia. Didirikan pada tahun 1592, perguruan tinggi ini adalah rumah bagi salah satu perpustakaan paling terkenal di dunia, yang juga menjadi inspirasi perpustakaan Hogwarts di Harry Potter.

Home - Global Relations - Trinity College Dublin

Keterangan foto: Trinity College

Beberapa menit berjalan kaki dari Trinity College terdapat Grafton Street, jalan perbelanjaan pejalan kaki yang dipenuhi dengan butik kelas atas dan department store, di mana musisi lokal yang sangat baik tampil di akhir pekan.

Di selatan ujung Grafton Street adalah St. Stephen's Green, sebuah taman besar dengan halaman rumput yang luas, bangku dan danau klasik dengan lusinan angsa dan burung air. Pada akhir pekan, taman dipenuhi dengan ratusan siswa dan keluarga yang ingin menikmati setiap sinar matahari yang berharga, sambil mematuhi aturan jarak sosial.

Dalam jarak berjalan kaki singkat dari St. Stephen's Green adalah Temple Bar, kawasan hiburan utama kota. Ketika saya pertama kali mengunjungi Dublin tahun lalu, Temple Bar ramai dengan aktivitas. Dari puluhan pub antik terdengar alunan musik Irlandia dan nyanyian yang meriah. Kali ini benar-benar berbeda. Dengan semua pub ditutup, jalanan hampir kosong. Namun, kurangnya orang yang bersuka ria menawarkan kesempatan unik untuk menghargai arsitektur klasik, jalan batu berbatu, dan mural warna-warni di bangunan sekitarnya.

POLICE WALK in the famous Temple Bar neighborhood. Pubs there have been closed since the start of the pandemic.

Keterangan foto: Tempat hiburan dan Temple Bar tutup selama pandemi.

Hanya beberapa blok dari Temple Bar terletak Sungai Liffey, yang membelah kota menjadi dua. Selama Abad Pertengahan, penduduk Dublin terpaksa menggunakan feri untuk menyeberang dari satu sisi ke sisi lain. Pada tahun 1816, William Walsh, pemilik beberapa feri tua, memutuskan untuk mengubah banyak hal.

Alih-alih memperbaiki armadanya yang bobrok, dia membangun jembatan penyeberangan pertama di kota itu. Jembatan Wellington, yang panjangnya hanya 43 meter (141 kaki), memungkinkan para pengunjung kota untuk menyeberangi sungai dengan berjalan kaki dengan biaya setengah sen, jumlah yang hanya mampu dijangkau oleh penduduk kaya.

Jembatan ini tetap menjadi jembatan tol selama lebih dari 100 tahun, sebuah fakta yang membuatnya mendapat julukan "Ha'Penny", yang hingga kini masih dikenal.

Dublin, Ireland. Night View Of Famous Illuminated Ha Penny Bridge Stock  Photo, Picture And Royalty Free Image. Image 79627293.

Keterangan foto: Jembatan legendaris Ha'Penny di Dublin

Penyeberangan di Jembatan Ha’Penny mengarah ke landmark kota lainnya yang terkenal, The Spire of Dublin. Menjulang setinggi 120 meter, struktur perak ini menyerupai jarum raksasa, dan dianggap sebagai patung tertinggi di dunia. Ini terlihat dari hampir semua tempat di pusat kota, menjadikannya tengara yang sempurna untuk menyesuaikan diri Anda di antara banyak jalan kecil dan gang kota.

Dua minggu pertama karantina berlalu dengan sangat cepat, dan secepat mungkin, saya mengambil kamera saya dan berangkat untuk memotret kota. Hal pertama yang menarik perhatian saya adalah warna hijau yang sangat khas Irlandia. Itu ada di mana-mana, dari taman hingga pepohonan hingga pakaian orang. Bahkan di tengah musim panas, semuanya berwarna hijau cerah.

Hal kedua yang saya perhatikan adalah bahwa semua pub Irlandia yang terkenal tutup. Untuk pertama kalinya, pemerintah setempat telah memerintahkan semua pub tutup untuk membatasi penyebaran virus corona. Bagi penduduk setempat, ini adalah tindakan paling ekstrem yang bisa dibayangkan. Bagaimanapun, pub adalah pusat kehidupan Irlandia, dan yang ada di Dublin terkenal di seluruh dunia.

Saya bukan peminum, tetapi efek dari perubahan yang satu ini sangat dramatis. Dari kota yang ramai dan ramai, Dublin benar-benar terhenti. Namun ada sesuatu yang menarik dari suasana baru itu.

Baik dan buruk, virus corona ternyata menciptakan pengalaman unik dan tak terlupakan bagi kami tahun ini. Tahun lalu, misalmya lebih dari 1.200 pengunjung mengunjungi gudang pabrik minuman leendaris Guinness setiap jam. Ketika saya mengunjungi musim panas ini, saya memiliki tempat itu untuk diri saya sendiri. Suasananya sepi sekali.

Perbedaan apa yang dapat terjadi hanya berselang setahun!

 

 

sumber : jerusalem post
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement