Kamis 03 Dec 2020 13:33 WIB

Pemimpin Agama Gelar Seminar Virtual Ekstremisme di Eropa

Perilaku teroris berasal dari pemahaman yang salah dan menyesatkan tentang agama

Rep: Mabruroh/ Red: Esthi Maharani
Ekstremisme di Eropa
Foto: Arab News
Ekstremisme di Eropa

IHRAM.CO.ID, RIYADH -- Pusat Internasional untuk Dialog Antaragama dan Antarbudaya Raja Abdullah bin Abdul Aziz (KAICIID) bekerja sama dengan Dewan Pemimpin Agama Eropa, menyelenggarakan seminar dialog virtual. Seminar ini merupakan bagian dari rangkaian inisiatif KAICIID untuk mempromosikan kohesi sosial di Eropa menyusul serangan teroris baru-baru ini di Prancis dan Austria.

Sekretaris Jenderal KAICIID, Faisal bin Muaammar, mengatakan bahwa perilaku teroris berasal dari pemahaman yang salah dan menyesatkan tentang agama mereka. “Mereka memilih bahasa kekerasan, meninggalkan semua alternatif damai,” katanya dilansir dari Arab News, Kamis (3/12).

Bin Muaammar juga menyoroti dampak dari penggunaan media sosial dalam memicu kekerasan dan kebencian, setelah serangan serupa dalam beberapa tahun terakhir. Penyalahgunaan agama di satu sisi, dan penargetan komponen masyarakat, agama, ras, dan budaya, di sisi lain, telah menjadi fitur yang menarik di beberapa masyarakat.

"Minggu lalu, ada serangan terhadap seorang rabi di sebuah jalan di Wina karena identitas agamanya yang terlihat saja. Di balik setiap cerita seperti ini, mungkin ada ratusan cerita serupa yang tidak tersorot,” ujarnya.

Seminar virtual mengambil tema "Kontribusi Pemimpin Agama dalam Menangani Ekstremisme Kekerasan dan Mempromosikan Sosial Kohesi di Eropa: Pertarungan dan Tanggapan." Para peserta seminar juga membahas beberapa tema, termasuk keefektifan dialog, dan memperkuat kemitraan antara pemimpin agama dan pembuat kebijakan untuk mencegah ekstremisme dan potensi kekerasan.

Bin Muammar mengatakan bahwa seminar virtual mencerminkan upaya pusat untuk memberikan ruang untuk refleksi, kepercayaan diri, dan partisipasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement