Kamis 17 Dec 2020 15:10 WIB

Presiden Palestina Telpon Jokowi Ucapkan Terima Kasih

Palestina menghargai dan berterima kasih atas sikap tegas Indonesia terhadap Israel

Rep: Fergi Nadira/ Red: Esthi Maharani
 Presiden Mahmoud Abbas
Foto: Mohamad Torokman/Pool Photo via AP
Presiden Mahmoud Abbas

IHRAM.CO.ID, RAMALLAH - Palestina menghargai sikap tegas Indonesia yang menolak untuk normalisasi hubungan dengan Israel. Hal itu disampaikan langsung oleh Presiden Palestina, Mahmoud Abbas yang menelpon Presiden Indonesia, Joko Widodo pada Rabu (16/12).

Dalam pembicaraan tersebut, Abbas berterima kasih atas sikap Indonesia yang mendukung hak-hak Palestina. Tak hanya itu, Palestina juga menyampaikan penghargaan atas penolakan untuk normalisasi hubungan dengan Israel yang menunjukkan komitmen Indonesia terhadap perdamaian Palestina.

"Presiden Palestina juga menghargai sikap Indonesia yang mendukung masalah Palestina di forum-forum internasional melalui keanggotaannya di Dewan Keamanan PBB," demikian laporan Kantor berita Palestina Wafa.

Sementara itu, Presiden Indonesia menegaskan komitmen tegas dan prinsip negaranya terhadap Palestina.

"Meskipun banyak terjadi perubahan yang begitu cepat di Timur Tengah, Indonesia tidak akan mengambil langkah apapun untuk normalisasi dengan Israel hingga terwujudnya perdamaian abadi dan komprehensif antara rakyat Palestina dan Israel," kata Presiden Joko Widodo.

Akhir pekan lalu, media Israel Jerusalem Post, mengutip sumber diplomatik melaporkan bahwa Israel sedang melakukan pembicaraan tentang normalisasi hubungan diplomatik dengan Indonesia dan Oman. Kabar itu muncul tak lama setelah Israel berhasil melakukan normalisasi diplomatik dengan Maroko.

Maroko adalah negara Muslim keempat yang melakukan normalisasi dengan Israel. Sebelumnya Bahrain, UEA, dan Sudan telah terlebih dulu melakukan hal tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement