Jumat 18 Dec 2020 16:47 WIB

Menag: Penguatan Moderasi Beragama Harus Terus Digaungkan

Penguatan moderasi beragama harus terus digaungkan untuk merawat kerukunan

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Esthi Maharani
Menteri Agama Fachrul Razi
Foto: Hafidz Mubarak A/ANTARA
Menteri Agama Fachrul Razi

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Agama Fachrul Razi menjelaskan, salah satu aspek pembangunan nasional bidang agama adalah penguatan moderasi beragama. Ia menilai gerakan ini sebenarnya telah tumbuh di masyarakat sejak lama. Namun penguatan moderasi beragama harus terus digaungkan untuk merawat kerukunan, serta persatuan dan kesatuan.

Keterlibatan organisasi masyarakat (ormas) Islam, termasuk da’i muda akan sangat menentukan keberhasilan program moderasi beragama ini. Oleh karena itu, Menag mengapresiasi peran dan kiprah dakwah keluarga besarForum Komunikasi Da’i Muda Indonesia (FKDMI)

“Saya berharap peran FKDMI semakin luas dan memberi warna bagi kemajuan bangsa. Saya yakin FKDMI memiliki kapasitas untuk menjadi pioneer penguatan moderasi beragama,” katanya dalam keterangan tertulis yang didapat Republika, Jumat (18/12).

Para pemuda masa kini disebut akan meneruskan estafet kepemimpinan ke depan. Karenanya, Menag mengajak FKDMI untuk terus mengembangkan kompetensinya.

Terlebih, sejarah mencatat bahwa peran tokoh agama tak terbantahkan dalam pembangunan nasional. Ini tentu tak bisa dipisahkan dari peran dan eksistensi lembaga pendidikan dan ormas keagamaan.

“Kita mengenal Pesantren, Madrasah, majelis taklim dan institusi keagamaan lainnya yang telah jelas peran dan kontribusinya. Ini semua tentu membanggakan, karena peran merekalah, Indonesia tumbuh sebagai bangsa yang kaya akan toleransi dan harmoni,” kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement