Ahad 20 Dec 2020 01:35 WIB

Gunung Shada, Salah Satu yang Terindah di Saudi

Bebatuan granit raksasa yang bertumpu di bagian paling atas jadi daya tarik utama

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Esthi Maharani
Gunung Shada
Foto: Arab News
Gunung Shada

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Pegunungan Shada adalah bagian dari Al-Baha,  merupakan salah satu kota terindah di Arab Saudi. Shads artinya “terbit” atau “membumbung”, jadi artinya sangat cocok dengan pegunungan hijau yang lebat. Mereka merupakan puncak tertinggi di Kerajaannya, pada 2.300 meter.

Jabal Shada, atau formasi gunung Shada, berasal dari Periode Kambrium. Bebatuan granit raksasa yang bertumpu di bagian paling atas adalah hal yang membuat tempat ini berbeda dari yang lain. Dalam bahasa Arab, mereka diberi nama “Nadba”, hampir seperti menyentuh langit di ketinggian 200 meter.

Pengunjung bisa datang menemukan ‘grottos’ dan gua unik yang merupakan hasil dari erosi yang terkadi selama berabad-abad. Gua-gua ini terbentuk oleh gas yang keluar dari batuan beku, dan meninggalkan lubang yang secara kebetulan cocok dengan peradaban manusia, sehingga digunakan sebagai tempat tinggal.

Ukiran dan jejak peradaban awal yang telah ditemukan di dalam gua, memberikan informasi penting dan berharga kepada para arkeolog dan peneliti tentang zaman dahulu.

 

Rumah Jabal Shada Al-Asfal ditemukan di ketinggian yang mencengangkan. Mereka terbuat dari batu yang sangat sulit dijangkau dari lokasinya, dan merupakan bagian dari warisan Saudi, serta memberikan wawasan berharga tentang sejarah di negeri itu.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement