Arab Saudi Luncurkan Kamus Untuk Istilah Teknologi

Ahad , 20 Dec 2020, 13:26 WIB Reporter :Alkhaledi Kurnialam/ Redaktur : Muhammad Hafil
Arab Saudi Luncurkan Kamus Untuk Istilah Teknologi. Foto:    Mahasiswa di Arab Saudi
Arab Saudi Luncurkan Kamus Untuk Istilah Teknologi. Foto: Mahasiswa di Arab Saudi

IHRAM.CO.ID,RIYADH--Kementerian Komunikasi dan Teknologi Informasi Arab Saudi baru saja meluncurkan Techtionary sebuah glosarium untuk istilah teknologi dalam bahasa Arab, peluncuran ini juga dalam rangka Hari Bahasa Arab Internasional.

 

Peluncuran kamus ini disebut sebagai bagian dari upaya pemerintah Saudi untuk melestarikan, mempromosikan, dan memperkaya bahasa Arab. Glosarium ini berisi istilah Arab untuk berbagai kata teknis yang saat ini digunakan dalam teknologi digital.

Terkait

Baca Juga

Dilansir dari Alarabiya, Ahad (20/12) kamus ini tersedia dalam versi PDF interaktif dan kamus elektronik yang dapat diakses melalui tautan http://techtionary.thinktech.sa/. Pihak berwenang juga akan segera meluncurkan aplikasi seluler sehingga glosarium akan menjadi referensi bagi siswa sekolah, guru dan pengusaha.

Faris Al-Saqabi, Asisten Wakil Menteri untuk keterampilan masa depan dan pengetahuan digital di kementerian, mengatakan glosarium bertujuan untuk memperkaya bahasa Arab dan memperkenalkan terminologi teknis terbaru ke dalam bahasa tersebut untuk membantu mendorong revolusi digital yang sedang berlangsung.

Inisiatif ThinkTech diluncurkan pada September 2018 untuk membantu Kerajaan mengikuti teknologi terbaru, mencapai pembangunan berkelanjutan, dan membantu pemerintah mencapai tujuan Visi 2030. 18 Desember merupakan hari yang telah ditetapkan oleh UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization) sebagai Hari Bahasa Arab Sedunia. Lebih dari 422 juta jiwa diseluruh penjuru dunia menggunakan Bahasa Arab sebagai Bahasa sehari-hari mereka. Khususnya di Timur Tengah dan Afrika Utara. Bahasa Arab disebut berada dalam urutan ke-6 dari 22 Bahasa Negara diseluruh dunia. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini