Ahad 20 Dec 2020 18:30 WIB

Dewan Ulama Pakistan Serukan Anak Muda Belajar Bahasa Arab

Ulama Pakistan Serukan pemuda Belajar Bahasa Arab

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Muhammad Hafil
 Dewan Ulama Pakistan Serukan Anak Muda Belajar Bahasa Arab. Foto ilustrasi:     Tulisan kaligrafi arab terpampang di lobi Gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Jumat (14/6).
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Dewan Ulama Pakistan Serukan Anak Muda Belajar Bahasa Arab. Foto ilustrasi: Tulisan kaligrafi arab terpampang di lobi Gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Jumat (14/6).

IHRAM.CO.ID,LAHORE -- Ajudan khusus Perdana Menteri tentang Kerukunan Umat Beragama yang juga Ketua Dewan Ulama Pakistan (PUC), Hafiz Muhammad Tahir Mehmood Ashrafi, menyerukan umat Islam, terutama anak muda, agar belajar bahasa Arab. Pasalnya, dengan belajar bahasa Arab akan membantu mereka memahami pesan dan ajaran Islam yang sebenarnya.

Dia mengatakan, bahwa bahasa Arab adalah bahasa syurga. Berkaitan dengan ini, ia mengatakan bahwa pusat bahasa Arab khusus tengah didirikan di negara tersebut guna mempelajari bahasa Alquran.

Baca Juga

Seperti bahasa modern lainnya, menurutnya, bahasa Arab juga memberikan pemahaman dan pengetahuan yang lebih baik tentang urusan dunia. Berbicara kepada media di Masjid Agung Jamia di Kota Bahria pada Jumat lalu, dia mengatakan bahwa sebuah pusat bahasa Arab tengah didirikan di masjid tersebut, dengan kerjasama pemerintah Kota Bahria.

"Kita berkaitan dengan bahasa Arab karena Nabi Muhammad tercinta kita," kata Ashrafi, dilansir di The Nation, Ahad (20/12).

Dia lebih lanjut mengatakan, bahasa Alquran juga bahasa Arab. Oleh karena itu, penting bagi setiap Muslim untuk mempelajarinya.

Sementara itu, menurutnya, Islam adalah agama perdamaian dan kesejahteraan, dan bahasa Arab adalah kunci untuk memahami pedoman Islam dengan mudah.

"Melalui perintah agama yang benar, kita dapat dengan mudah memberantas terorisme dan ekstremisme," ujarnya.

Ashrafi lantas menegaskan bahwa dia akan meminta Perdana Menteri Imran Khan untuk mendirikan pusat bahassa Arab di tingkat distrik. Sehingga, masyarakat bisa mendapatkan lebih banyak kesempatan untuk belajar bahasa Arab.

Ia juga menyebut bahwa Imran Khan ingin menyebarkan pendidikan Islam di setiap sekolah, perguruan tinggi dan universitas. Sementara itu, pemerintah Pakistan mengambil langkah-langkah praktis untuk mendorong pendidikan Islam di berbagai institusi.

Tidak hanya itu, ia mengatakan bahwa Gubernur Punjab Chaudhry Mohammad Sarwar juga mengambil langkah-langkah di tingkat universitas untuk pendidikan Islam. Karena itu, Pusat Seerat juga tengah didirikan di universitas-universitas besar di negara itu.

Ia menambahkan, Kursi Seerat juga tengah diperkenalkan di perguruan tinggi. Menurutnya, semua uoaya seperti itu akan dihargai di baik di dunia maupun di akhirat.

Sementara itu, ia menambahkan bahwa Harmain Sharifain dan Al-Aqsa adalah tempat suci dan setiap Muslim sejati mencintai dan menghormati bangunan suci tersebut dari lubuk hati mereka. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement