Senin 21 Dec 2020 21:29 WIB

Gus Mus Minta Kiai Ikut Tangani Covid-19 di Pesantren

Gus Mus meminta para kiai untuk mencari solusi dan ikut menangani pandemi

KH Mustofa Bisri (Gus Mus)
Foto: Antara/Zarqoni Maksum
KH Mustofa Bisri (Gus Mus)

IHRAM.CO.ID, SEMARANG - Kiai Haji Mustofa Bisri (Gus Mus) meminta para kiai untuk mencari solusi dan ikut menangani pandemi Covid-19 di lingkungan pondok pesantren. Menurut Gus Mus, dibutuhkan kesadaran bersama untuk saling menjaga agar persoalan Covid-19 di lingkungan pondok pesantren tidak semakin meluas misalnya mengenai kesadaran memakai masker, selain melindungi diri sendiri juga melindungi orang lain.

"Saya sendiri sudah ke mana-mana dan bicara soal ini. Misal, mereka yang belum mudeng (paham) soal pandemi ini, sekarang diajak bareng-bareng. Disanalah kita adakan pertemuan dengan para kiai, mereka kita ajak bicara, baiknya bagaimana," katanya saat menjadi narasumber dalam acara Sarasehan Hari Santri dengan materi "Penanganan Covid-19 di Pondok Pesantren" yang diselenggarakan secara daring oleh Kanwil Kementerian Agama Jateng di Semarang, Senin (21/12)

Menurut Gus Mus, pandemi ini justru menjadi pengingat pada kebiasaan-kebiasaan yang dulu banyak ditinggalkan. Gus Mus menyebut saat ini pengurus pondok pesantren dan umara bisa bersilaturahmi melalui daring.

"Bisa daring dan menghadirkan banyak kiai untuk berbicara, dan nanti santri-santri yang mengatur teknisnya. Pesantren dan umara bisa bersilaturahmi, demikian nanti budaya rembukan dan musyawarah yang sering ditinggalkan bisa kita kembalikan di era 'new normal' ini," ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement