Jumat 25 Dec 2020 06:20 WIB

Lakukan Ini Jika Alami Gejala Covid-19 Selama Liburan

Jangan panik jika mengalami gejala Covid-19.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Ani Nursalikah
Lakukan Ini Jika Alami Gejala Covid-19 Selama Liburan. Warga yang hendak berlibur mengantre untuk mendapatkan surat keterangan hasil Rapid Test Antigen Covid-19 yang disediakan oleh Jasa Marga di Rest Area KM 57, Karawang, Jawa Barat, Kamis (24/12). Warga yang tidak memiliki surat keterangan non reaktif Covid-19 diminta untuk melakukan Rapid Test Antigen ditempat yang sudah disediakan. Rapid Test Antigen tersebut dilakukan untuk melacak lonjakan kasus positif disaat libur Natal dan Tahun Baru 2020. Republika/Thoudy Badai
Foto:

Tetap menjaga protokol kesehatan. Bawa suplemen dan obat-obatan yang rutin dikonsumsi serta bawa makanan dan perlengkapan makan sendiri. Hindari menggunakan fasilitas umum yang dipakai bersama orang lain, seperti tempat bermain anak. Segera mandi bila sudah selesai beraktivitas dan ganti baju yang bersih.

Tips aman berlibur saat pandemi

Dokter Spesialis Penyakit Dalam Primaya Evasari Hospital Nugraheni Irda memberikan tips berlibur yang aman di tengah pandemi Covid 19.

 

  1. Sebisa mungkin berlibur dengan orang rumah (bukan bersama keluarga jauh, apalagi orang asing yang tidak diketahui latar belakangnya).
  2. Tetap mematuhi protokol 3M (mencuci tangan memakai sabun dan air mengalir sesering mungkin, menjaga jarak dengan orang lain minimal dua meter dan jauhi kerumunan, serta memakai masker dengan benar).
  3. Memilih tempat wisata yang tidak berpotensi menciptakan kerumunan.
  4. Hindari tempat-tempat tertutup dan kunjungi tempat terbuka. Kurangi durasi kunjungan.
  5. Pastikan istirahat yang cukup, makan makanan bergizi, berhenti merokok, dan jaga kesehatan mental.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement