Misi Arab Saudi Mengendalikan Penyebaran Virus Covid-19

Senin , 28 Dec 2020, 15:38 WIB Redaktur : Muhammad Fakhruddin
Misi Arab Saudi Mengendalikan Penyebaran Virus Covid-19 (ilustrasi).
Misi Arab Saudi Mengendalikan Penyebaran Virus Covid-19 (ilustrasi).

IHRAM.CO.ID,JEDDAH -- Jumlah kasus virus korona di Arab Saudi telah turun 96,9 persen sejak puncak pertengahan Juni sebanyak 4.919, pertanda jelas bahwa Kerajaan mengendalikan wabah, menurut juru bicara Kementerian Kesehatan.

 

Terkait

Dilansir dari Arab News, Senin (28/12), enam bulan terakhir telah menunjukkan penurunan yang stabil, dengan Arab Saudi mencatat 154 kasus baru Covid-19 pada hari Ahad (27/12). Jumlah pasien di unit perawatan kritis juga turun 83,1 persen sejak mencapai puncaknya selama musim panas, sementara kematian juga turun 84,5 persen.

Meskipun jumlah keseluruhan telah mengalami penurunan yang signifikan dalam beberapa pekan terakhir, juru bicara kementerian, Dr. Al-Abd Al-Aly, mengatakan bahwa angka di beberapa daerah telah berfluktuasi dalam dua minggu terakhir, dengan separuh wilayah Kerajaan mengalami kenaikan 50 persen, terutama di wilayah Provinsi Timur, Qassim, Hail dan Jazan, Perbatasan Utara dan Baha.

“Angka yang berfluktuasi bukanlah indikator bahwa (penyebaran) di luar kendali,” kata Al-Aly. “Sebaliknya, beberapa area telah menunjukkan penurunan yang signifikan dan sedikit peningkatan akan membuat perbedaan.”

Dia mengatakan vaksin virus corona yang didistribusikan di Arab Saudi akan efektif melawan mutasi yang kini terdeteksi di beberapa wilayah dunia. Kerajaan bergabung dengan komunitas global dalam memantau perubahan sepanjang waktu untuk memastikan keamanan dan efektivitas vaksin.