Rabu 06 Jan 2021 20:36 WIB

Untuk Pertama Kalinya, Muslim Jabat Hakim Federal di Brasil

Di negara Katolik Roma terbesar dunia, Ali Mazloum satu-satunya hakim federal Muslim.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah
Untuk Pertama Kalinya, Muslim Jabat Hakim Federal di Brasil. Hakim federal Muslim pertama dan satu-satunya di Brasil, Ali Mazloum di Sao Paulo, Brasil, 2019.
Foto:

Komunitas tersebut telah membangun warisan gastronomi, metode negosiasi, dan jejak budayanya sendiri. Kehadiran mereka dinilai sangat penting untuk pengembangan perdagangan di Brasil. Dibandingkan kebangsaan lain di luar tanah air mereka, Lebanon telah berhasil mempengaruhi Brasil dalam banyak hal.

Salah satu contohnya, 10 persen anggota parlemen memiliki akar atau latar belakang Lebanon. Hal ini berdampak besar, mengingat total populasi mereka di negara tersebut kurang dari lima persen dari keseluruhan.

Secara tradisional, Brasil telah menjadi salah satu masyarakat dengan tingkat rasialis terkecil di dunia. Tetapi, kondisi ini telah berubah dengan munculnya sayap kanan dalam pemerintahan dan contoh rasialisme yang mengalami peningkatan.

"Masyarakat umumnya menerima situasi ini, tetapi ada perlawanan dari elite politik. Selain itu, di sini, di Brasil, telah terjadi pertumbuhan eksponensial dari gereja-gereja evangelis yang para pemimpinnya secara terbuka memberitakan penentangan terhadap Islam. Saya bisa merasakan prasangka ini di dalam institusi saya dan terhadap saya," kata Mazloum.

Kondisi ini dinilai sangat memalukan. Hal tersebut menunjukkan peristiwa yang sama terjadi di seluruh dunia dan membawa pengaruh terhadap Brasil.

 

Meski demikian, Hakim Federal Ali Mazloum menunjukkan apa yang ia raih merupakan hasil kerja keras dan bakatnya sendiri. Saat ini, ia tidak hanya berada dalam posisi senior, tetapi diperkirakan akan meningkat lebih jauh ke depannya.

https://www.middleeastmonitor.com/20210105-meet-the-first-muslim-federal-judge-in-the-worlds-largest-catholic-country/

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement