Sabtu 16 Jan 2021 22:03 WIB

India Luncurkan Program Vaksinasi Covid-19 Terbesar di Dunia

India sudah memberikan izin penggunaan darurat untuk dua vaksin Covid-19

Rep: Zainur Mahsir Ramadhan/ Red: Nur Aini
Seorang pekerja kesehatan memberikan vaksin Covid-19 di sebuah Rumah Sakit di New Delhi, India, Sabtu, 16 Januari 2021. India mulai menyuntik petugas kesehatan pada Sabtu dalam kampanye vaksinasi Covid-19 terbesar di dunia.
Foto:

Sebelumnya, pakar kesehatan India mengkhawatirkan jalan pintas peraturan yang diambil untuk menyetujui vaksin Bharat Biotech, tanpa menunggu data konkret yang akan menunjukkan kemanjurannya. Khususnya, dalam mencegah penyakit akibat virus korona. Setidaknya satu menteri kesehatan negara bagian menentang penggunaannya.

Kementerian kesehatan India telah membantah kritik tersebut dan mengatakan vaksin itu aman. Namun pihak kementerian menyatakan, petugas kesehatan tidak punya pilihan dalam memutuskan mana yang akan mereka dapatkan atau berikan pada publik. 

Menurut Dr SP Kalantri - direktur rumah sakit pedesaan di Maharashtra, negara bagian India yang paling parah terkena dampak - pendekatan seperti itu mengkhawatirkan. Sebab, dia menilai jika persetujuan peraturan cenderung terburu-buru dan tidak didukung oleh sains.

 “Karena terburu-buru untuk menjadi populis, pemerintah (sedang) mengambil keputusan yang mungkin bukan untuk kepentingan rakyat biasa,” kata Kalantri.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement