Jumat 29 Jan 2021 22:37 WIB

Polda Aceh Tetapkan DPO Terduga Pelaku Penipuan Jamaah Umroh

AH beralasan tidak memberangkatkan jamaah karena perusahaannya bangkrut.

Polda Aceh Tetapkan DPO Terduga Pelaku Penipuan Jamaah Umroh (ilustrasi).
Foto: republika
Polda Aceh Tetapkan DPO Terduga Pelaku Penipuan Jamaah Umroh (ilustrasi).

IHRAM.CO.ID,BANDA ACEH -- Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Aceh memasukkan seorang terduga pelaku penipuan jamaah umrah dalam daftar pencarian orang atau DPO

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Aceh Kombes Pol Sony Sanjaya mengatakan terduga pelaku seorang wanita berinisial R ini sudah dipanggil menghadap penyidik, namun tetap tidak memenuhinya.

"Pemanggilan R juga atas petunjuk jaksa. Dalam petunjuknya, jaksa merekomendasikan R ditetapkan sebagai tersangka karena diduga ikut menerima uang jamaah umrah," kata Kombes Pol Sony Sanjaya di Banda Aceh, Jumat (29/1).

Didampingi Wakil Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Aceh AKBP Wahyu Kuncoro, Kombes Pol Sony Sanjaya mengatakan R merupakan bendahara PT Elhanif Tour and Travel. Perusahaan biro perjalanan ini juga sudah dilaporkan ke Polda Aceh.

Sebelumnya, penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Aceh menetapkan pemilik perusahaan tersebut berinisial AH sebagai tersangka penipuan jamaah umrah.

AH dilaporkan agennya di Aceh Tengah karena hingga waktu dijanjikan tidak memberangkatkan jamaah umrah ke Tanah Suci, Mekkah, Arab Saudi, kata Kombes Pol Sony Sanjaya.

Biaya umrah yang dibayarkan berkisar Rp17 juta hingga Rp23 juta, sehingga totalnya mencapai Rp891 juta.

Mereka dijadwalkan berangkat ke Arab Saudi pada Desember 2019, namun hingga 2020 mereka tidak kunjung diberangkatkan ke Tanah Suci untuk melaksanakan ibadah umrah. "Berdasarkan hasil pemeriksaan, AH beralasan tidak memberangkatkan jamaah karena perusahaannya bangkrut. Uang yang disetor 47 orang tersebut digunakan untuk memberangkatkan jamaah lainnya," kata Kombes Pol Sony Sanjaya.

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement