Keutamaan Mengusap Hajar Aswad dan Rukun Yamani

Selasa , 02 Feb 2021, 07:38 WIB Reporter :Ali Yusuf/ Redaktur : Muhammad Hafil
Keutamaan Mencium Hajar Aswad dan Rukun Yamani. Foto: Seorang petugas memberi wewangian untuk Hajar Aswad yang terletak di sudut timur Kabah di Makkah, Arab Saudi, Senin (27/7/2020).
Keutamaan Mencium Hajar Aswad dan Rukun Yamani. Foto: Seorang petugas memberi wewangian untuk Hajar Aswad yang terletak di sudut timur Kabah di Makkah, Arab Saudi, Senin (27/7/2020).

IHRAM.CO.ID, JAKARTA--Abu Hurairah RA meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda 7 ribu malaikat telah ditugaskan untuk menjaga rukun yamani. Barangsiapa yang datang kesana dan membaca doa ini :

 

Terkait

"Ya Allah aku memohon kepada-Mu ampunan dan afiat di dunia dan akhirat. Wahai Rabb kami berikanlah kepada kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat. Dan jagalah kami dari azab neraka." (Ibnu Majah,Miskat).

Baca Juga

Maka kata Nabi para malaikat akan berkata "Amin".

Syekh Maulana Muhammad Zakariyya Al kandahlawi menerangkan, rukun Yamani juga merupakan suatu tempat yang penuh berkah.  Ibnu Umar r.anhuma berkata.

"Sejak kami melihat Rasulullah SAW mengusap Hajar Aswad dan rukun Yamani dengan telapak tangan beliau, kami tidak pernah meninggalkan mengusapnya, baik dengan pelan-pelan atau dengan keras."

"Mengusap rukun Yamani caranya adalah ketika kita tawaf, kita ucapkan tangan kita ke atasnya," kata Maulana Zakariyya dalam kitabnya Fadhilah Haji.

Sebuah hadits menyebutkan bahwa mengusap Hajar Aswad dan rukun Yamani dapat menggugurkan dosa. Sebuah hadis lain menyebutkan bahwa Rasulullah SAW juga mencium rukun Yamani.

Maulana Zakariyya menyampaikan pada  ada suatu perkara yang sangat penting untuk diperhatikan, dalam mengucap atau mencium Hajar Aswad dan rukun  Yamani, jangan sampai menyakiti orang lain seperti desak-desakan dan rebutan demi menggapainya.

"Karena pekerjaan tersebut mustahab, sedangkan menyakiti orang lain itu haram," katanya.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini