Rabu 03 Feb 2021 17:39 WIB

Adab Istri yang Bekerja di Luar Rumah

Adab seorang Istri yang Bekerja di Luar Rumah.

Rep: Muhyiddin/ Red: Muhammad Hafil
Adab Istri yang Bekerja di Luar Rumah. Foto: Wanita Karier (ilustrasi)
Adab Istri yang Bekerja di Luar Rumah. Foto: Wanita Karier (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID,JAKARTA – Bagi istri yang mencari nafkah untuk keluarganya, terutamanya jika mengharuskan mereka keluar dari rumah, menurut sebagian ulama membolehkan dengan memberikan syarat-syarat atau ketentuan yang harus mereka laksanakan.

Karena itu, ada beberapa etika bagi seorang istri yang akan bekerja ke luar rumah. Dalam buku “Istri Bekerja Mencari Nafkah?” terbitan Rumah Fiqih Indonesia, Isnawati menjelaskan beberapa etika bagi seorang istri yang keluar rumah untuk bekerja.

Baca Juga

Pertama, harus mendapat izin dari suami

Jika seorang istri ingin bekerja mencari nafkah, maka para ulama mengharuskan, yang pertama harus mendapat ijin dari suaminya. Jika suaminya tidak mengijinkan, maka istri tidak boleh membantahnya dan melakukannya.

 

Menurut Isnawati, mematuhi suami merupakan ketaatan utama untuk sang istri setelah ketaatan terhadap Allah Rasulnya. Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah disebutkan:

Pernah ditanyakan kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Siapakah wanita yang paling baik?” Jawab beliau, “Yaitu yang paling menyenangkan jika dilihat suaminya, mentaati suami jika diperintah, dan tidak menyelisihi suami pada diri dan hartanya sehingga membuat suami benci” (HR. An-Nasa’i)

Kedua, tidak mengabaikan urusan di rumah

Seorang istri yang bekerja mencari nafkah, baik dilakukan di rumah, apalagi yang keluar rumah, harus memastikan bahwa dia telah melaksanakan kewajibannya sebagai seorang istri apalagi jika telah menjadi ibu.  

Menurut Isnawati, seorang istri harus ingat perannya di rumah, pekerjaan yang dia lakukan tanpa mengabaikan kewajiban dan tanggung jawabnya di rumah. Jadi, harus memastikan suami dan anak-anaknya tetap terurus, urusan di rumah tetap dijalankan.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement