Senin 08 Feb 2021 17:00 WIB

RSUD Undata Layani Donor Plasma Konvalesen

RSUD Undata Palu kini mencari pendonor plasma konvalesen.

RSUD Undata Layani Donor Plasma Konvalesen. Petugas Palang Merah Indonesia (PMI) memperlihatkan hasil donor plasma konvalesen.
Foto:

Ia menambahkan sudah ada beberapa orang yang mendonor saat alat bantuan Kementerian Kesehatan itu mulai diuji coba belum lama ini, namun pihaknya masih sangat membutuhkan pendonor. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sulteng dr. I Komang Adi Sujendra mengatakan saat ini alat donor plasma darah konvalesen baru tersedia di RSUD Undata.

"Alatnya sudah ada dan baru ada di RSUD Undata," ujarnya.

Wakil Presiden Ma’ruf Amin meresmikan Gerakan Nasional Donor Plasma Konvalesen, sebagai salah satu cara pengobatan pasien penderita Covid-19 dengan gejala berat dan kritis, di Jakarta, Senin (18/1). Ma’ruf berharap Gerakan Nasional tersebut dapat membantu menekan angka penyebaran Covid-19 di Indonesia lewat aksi peduli kemanusiaan antarsesama dalam membantu menyelamatkan nyawa pasien.

Di kondisi pandemi Covid-19 saat ini, dimana angka kasus semakin meningkat di berbagai negara termasuk Indonesia, solidaritas tinggi menjadi hal yang harus dijunjung oleh semua masyarakat. Plasma konvalesen merupakan plasma darah yang diambil dari eks penderita Covid-19, karena mengandung antibodi SARS-CoV-2, untuk kemudian plasma tersebut diproses agar dapat didonorkan.

 

Terapi plasma konvalesen salah satu metode terapi tambahan yang dapat mengobati pasien Covid-19 dengan gejala berat dan kritis. Terapi tersebut merupakan konsep imunisasi pasif melalui donor plasma darah yang mengandung antibodi SARS-Cov-2 kepada penderita Covid-19 dengan gejala berat dan kritis.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement