Pengesaan Allah Melalui Kalimat Talbiyah

Kamis , 18 Feb 2021, 10:40 WIB Reporter :Ali Yusuf/ Redaktur : Muhammad Hafil
Pengesaan Allah Melalui Kalimat Talbiyah
Pengesaan Allah Melalui Kalimat Talbiyah

IHRAM.CO.ID,JAKARTA--Talbiyah merupakan bagian dari kalimat tauhid yang mengesankan Allah SWT. Talbiyah merupakan kalimat yang dibacakan saat ibadah haji dan umroh. 

 

Terkait

Dr Thariq As-Suwaidan dalam bukunya Misteri Haji dan Umrah, Mengungkap Rahasia Besar Amalan Haji dan Umrah mengatakan, dalam sebuah hadits yang disabdakan oleh Rasulullah SAW, bahwa. 

Baca Juga

"Doa yang paling utama adalah yang dipanjatkan pada hari Arafah, dan kalimat yang paling utama yang aku dan nabi-nabi sebelum kuucapkan adalah kalimat, "La Ilaha Illallah wahdahu la sharika lahu lahul mulku Wahdahu, La Syarikalahu Lagu al-Mulku Walahu al-Hamdu." (HR. Tirmidzi dan tercantum dalam kitab Al Muwaththa).

Dr Thariq As-Suwaidan mengatakan, kalimat Tuhid adalah pernyataan kepercayaan dan keyakinan yang kokoh, bahwa Allah adalah Dzat Yang Maha Tunggal tiada sekutu bagi-Nya, hanya Dia yang berhak disembah, dan hanya Dia Yang Kuasa berbuat sekehendak-Nya kepada semua hamba-Nya, karena Dia lah Tuhan semesta alam. 

Dalam surah Qashash Allah berfirman: 

"Dan dialah Allah tidak ada tuhan tuhan melainkan Dia, bagi-Nya lah segala puji di dunia dan akhirat, dan bagi-Nya segala penentuan dan hanya kepada-Nya-lah kamu dikembalikan. Katakanlah, "Terangkanlah kepadaku, jika Allah menjadikan untukmu malam ini terus-menerus sampai hari kiamat siapakah Tuhan selain Allah yang akan mendatangkan sinar terang kepadamu? Maka apakah kamu tidak mendengar?" Katakanlah, "terangkanlah kepadaku, jika Allah menjadikan untukmu siang itu terus-menerus sampai hari kiamat, siapakah Tuhan selain Allah yang akan mendatangkan malam kepadamu yang kamu beristirahat padanya? Maka apakah kamu tidak memperhatikan?"

Menurutnya ada seorang Arab badui datang menemui Nabi SAW kemudian berkata, "Ajarkanlah kepadaku sebuah perkataan yang akan selalu aku ucapkan." 

Beliau lalu menjawab "Ucapkanlah tiada Tuhan selain Allah yang Maha tunggal, tiada sekutu bagi-Nya, Allah maha besar, segala puji bagi Allah dengan pujian yang sangat berlimpah, maha suci Allah Tuhan penguasa semesta, tiada upaya dan daya kecuali hanya dengan bantuan Allah yang maha perkasa lagi maha bijaksana."

Orang itu berkata. "Semua kalimat itu adalah untuk Rabbku, lalu apa yang wahai Rasulullah?" 

Rasulullah pun menjawab. "Ucapkanlah. 

"Ya Allah ampuni aku, kasihi aku, beri petunjuk kepadaku dan limpahkanlah rezeki untukku."

Rasulullah SAW bersabda. "Sesungguhnya semua kalimat doa itu menghimpun kebutuhan dunia dan akhiratmu."(HR Muslim).

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini