Ahad 28 Feb 2021 14:51 WIB

Pengantin Mataram Langsung Dapat KTP dan KK Baru Usai Akad

Pelayanan tersebut disediakan secara gratis.

Pengantin Mataram Langsung Dapat KTP dan KK Baru Usai Akad.
Foto: Muhammad Rizki Triyana/Republika TV
Pengantin Mataram Langsung Dapat KTP dan KK Baru Usai Akad.

IHRAM.CO.ID, MATARAM -- Setiap pasangan pengantin di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, langsung mendapatkan kartu tanda penduduk (KTP) elektronik berstatus kawin dan kartu keluarga (KK) secara gratis seusai melangsungkan akad nikah.

Plt Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Matara Baiq Evi Genevia mengatakan hal itu merupakan salah satu inovasi pelayanan di Dukcapil melalui program Berkah Batin. "Dokumen itu kita serahkan bersamaan dengan buku nikah yang diserahkan dari Kantor Urusan Agama (KUA) setempat," katanya, Ahad (28/2).

Baca Juga

Program ini dimaksudkan memberikan pelayanan kemudahan dan membahagiakan pasangan pengantin dengan status baru di KTP elektronik dan KK. Biasanya, dokumen tersebut diurus ketika ada kepentingan, bahkan ada juga yang mengurus saat mereka punya anak ketika hendak membuat akta kelahirannya.

Evi yang didampingi Kepala Bidang Pendaftaran Penduduk Dukcapil Kota Mataram Hasmin mengatakan program Berkah Batin bekerja sama dengan Kantor Kementerian Agama Kota Mataram. "Jadi siapa pun warga Kota Mataram yang sudah mendaftar menikah di KUA, selama itu merupakan pasangan sesama asal Kota Mataram, mereka akan langsung mendapatkan dokumen kependudukan baru seusai akad nikah. Pelayanan ini kita berikan secara gratis," katanya.

 

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement