Rabu 10 Mar 2021 13:48 WIB

Lima Perempuan Muslim Sukses dan Menginspirasi

Ada sejumlah perempuan muslim yang menginspirasi

Rep: Mabruroh/ Red: Esthi Maharani
Zeena Ali (30 tahun), polisi pertama di Selandia Baru yang mengenakan jilbab atau hijab.
Foto: The Siasat Daily
Zeena Ali (30 tahun), polisi pertama di Selandia Baru yang mengenakan jilbab atau hijab.

IHRAM.CO.ID, WASHINGTON -- Setiap 8 Maret diperingati sebagai Hari Perempuan Internasional. Ada sejumlah perempuan muslim yang menginspirasi seperti yang dilansir dari About Islam

1. Zara Mohammed

Zara Mohammed resmi terpilih menjadi pemimpin wanita pertama British Muslim Council sebuah organisasi payung dengan 500 afiliasi di seluruh negeri, pada Februari 2021.

“Terpilih sebagai sekretaris jenderal perempuan pertama adalah suatu kehormatan dan saya berharap ini akan menginspirasi lebih banyak perempuan dan kaum muda untuk maju mengambil peran kepemimpinan. Mereka adalah masa depan organisasi ini dan masyarakat kita,” ujar Zara.

2. Sameera Fazili

Sameera Fazili membuat sejarah sebagai anggota pertama pemerintahan baru AS yang berpidato di depan Korps Pers Gedung Putih dan dengan bangga mengenakan jilbabnya.

Presiden AS, Joe Biden menunjuk Sameera, yang aslinya berasal dari Kashmir India, sebagai Wakil Direktur, Dewan Ekonomi Nasional di Gedung Putih pada Januari 2021.

3. Najah Aqeel

Najah Aqeel, siswa baru berusia 14 tahun di Tennessee, Amerika Serikat, memicu perubahan peraturan nasional untuk pemain bola voli Muslim. Atlet Valor College Prep didiskualifikasi dari pertandingan hanya karena mengenakan jilbab pada September tahun lalu. Tetapi sebulan kemudian (pada bulan Desember), Federasi Nasional Asosiasi Sekolah Menengah Negeri memutuskan untuk menyetujui aturan baru yang akan memungkinkan atlet muslim yang mengenakan penutup kepala ikut berpartisipasi dalam dunia olahraga.

4. Zaenab Alema

Zaenab Alema merupakan seorang istri, ibu, perawat dan pemain rugby. Zainab Alema dinobatkan sebagai olahragawan akar rumput oleh Sunday Times tahun 2020 sebagai pengakuan atas dampak inspirasionalnya pada pemain wanita di Inggris, Ghana, dan Maroko.

Dikenal sebagai Zee, Zainab bekerja di garis depan NHS sebagai perawat neonatal perawatan intensif di Rumah Sakit Chelsea & Westminster. Pemain Barnes RFC itu juga merupakan pendiri rugby charity "Studs In The Mud" yang menyediakan peralatan dan dana untuk memungkinkan wanita bermain di tempat rugby.

5. Zeena Ali

Zeena Ali membuat sejarah dengan menjadi petugas polisi berhijab pertama di Selandia Baru. Lahir di Fiji dan pindah ke Selandia Baru saat kecil, Ali mengaku bangga mewakili komunitas Muslim dan wanita Muslim pada khususnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement