LaNyalla Minta Pemerintah Terus Lobi Soal Kepastian Haji

Selasa , 16 Mar 2021, 21:26 WIB Redaktur : Ani Nursalikah
LaNyalla Minta Pemerintah Terus Lobi Soal Kepastian Haji
LaNyalla Minta Pemerintah Terus Lobi Soal Kepastian Haji

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Ketua DPD RI LaNyalla Mahmud Mattalitti meminta pemerintah terus melobi Kerajaan Arab Saudi agar mendapat kepastian soal penyelenggaraan haji tahun ini. "Terus lakukan lobi untuk mendapatkan kepastian pemberangkatan," kata LaNyalla dalam keterangan resminya, Selasa (16/3).

 

Terkait

Hingga saat ini, otoritas Arab Saudi belum memberikan kepastian apakah akan membuka penyelenggaraan haji untuk negara lain atau masih menutup. Namun, Kementerian Agama optimistis penyelenggaraan haji akan dibuka.

Baca Juga

Pemerintah Arab Saudi tengah melakukan vaksinasi bagi rakyat serta akan membuka jalur penerbangan dalam waktu dekat ini. LaNyalla pun meminta kepada calon jamaah haji tidak menggantungkan harapan tinggi-tinggi agar tak kecewa jika Pemerintah Arab Saudi masih belum membuka penyelenggaraan haji.

"Calon jamaah haji harus memperhitungkan kemungkinan tidak adanya pemberangkatan haji. Jadi, jamaah pun siap menerima jika terjadi penundaan berangkat," ujarnya.

Kendati begitu, persiapan juga harus terus dilakukan untuk menyambut peluang dibukanya kembali pemberangkatan jamaah haji oleh Pemerintah Arab Saudi. Persiapan tetap harus dilakukan dengan matang agar tak terjadi ketidaksiapan jika sewaktu-waktu keran pemberangkatan jamaah haji telah diizinkan kembali.

"Segala kemungkinan kita harus perhitungkan dengan matang, baik kemungkinan belum dibukanya pemberangkatan jamaah haji maupun dibukanya kembali pemberangkatan haji. Dalam situasi seperti ini kita harus siap dengan segala kemungkinan," katanya.

Plt Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Khoirizi telah berkunjung ke Kedubes Saudi di Jakarta, Selasa guna membahas kepastian dan persiapan haji. "Kami bersilaturahim, membahas kepastian dan persiapan haji 2021. Pertemuan juga membahas kemungkinan kunjungan tim akomodasi, katering, dan transportasi untuk melakukan persiapan pengadaan layanan jamaah haji 1442 H/2021 M di Saudi," katanya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini