Kamis 25 Mar 2021 01:12 WIB

NASA Persiapkan Helikopter Ingenuity Terbang di Mars

Ingenuity harus menyelesaikan beberapa persiapan selama beberapa pekan mendatang.

Rep: Zainur mahsir ramadhan/ Red: Dwi Murdaningsih
Ingenuity
Foto: nasa
Ingenuity

IHRAM.CO.ID, JAKARTA — Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) sedang mempersiapkan Helikopter Ingenuity terbang di Mars pada 8 April mendatang. Sebelum penerbangan dilakukan, Ingenuity diharuskan menyelesaikan beberapa persiapan selama beberapa pekan mendatang.

Hal itu, untuk menguji kemampuan helikopter seberat 1,8 Kg bertahan di kondisi Mars tanpa bantuan.

Baca Juga

Pada Ahad kemarin, rover Perseverance menjatuhkan pelindung puing yang melindungi Ingenuity selama pendaratan di Mars. Ingenuity saat ini sedang menuju ke lokasi tempat akan mencoba penerbangannya.

Dikatakan, setelah Ingenuity berada di permukaan rata dan aman, alat pengantarnya akan mundur dan langsung mengambil gambar helikopter mini itu. Meski terlihat sederhana, proses tersebut nyatanya membutuhkan waktu enam hari. Perintah langsung dari Bumi akan memberikan aba-aba untuk membuka dua kaki pendaratannya.

 

Menurut pemimpin integrasi helikopter Mars untuk rover Perseverance Farah Alibay, layaknya helikopter biasa, penyebaran menyeluruh di Mars itu belum pernah dilakukan sebelumnya. Semua aktivitas terkoordinasi dengan erat dan tidak dapat diubah, selain dari saling bergantung.

"Jika ada petunjuk bahwa sesuatu tidak berjalan sesuai harapan, kami mungkin memutuskan untuk menunda selama (satu hari) atau lebih sampai kami memiliki gagasan yang lebih baik tentang apa sedang terjadi,’’ katanya.

Kepala teknisi helikopter Mars di JP, Bob Balaram mengatakan, setelah alatnya di Mars memotong kabel dengan teliti, pihaknya akan menindaklanjutinya dengan menurunkan Helikopter itu setinggi lima inchi ke permukaan. Upaya itu, dilakukan agar sinar matahari bisa secepatnya didapat panel surya dan mulai mulai mengisi ulang baterai.

Tm juga akan mengkonfirmasi Ingenuity supaya kokoh di permukaan Mars dan bisa berkomunikasi.  Setelah berada di permukaan Mars, helikopter akan melakukan beberapa uji goyangan dan putaran bilah rotor. Dari sana, tim akan memantau cuaca di Mars dengan cermat, termasuk angin dan pengukuran yang dilakukan oleh instrumen Mars Environmental Dynamics Analyzer di rover, yang dapat mempengaruhi penerbangan.

Dikatakan, Ingenuity memiliki jangka waktu 31 hari untuk melakukan serangkaian penerbangan uji coba, terlepas dari keberhasilan pertama. Penerbangan pertama helikopter itu akan melayang sekitar 10 kaki dari tanah selama 30 detik sebelum mendarat. Penerbangan selanjutnya akan bertahan lebih lama.

Dalam beberapa jam setelah penerbangan pertama, data akan dikirim kembali dari Ingenuity, untuk menentukan apakah upaya itu berhasil. Selama dua hari setelahnya, gambar dari kamera helikopter juga akan dikirim kembali.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement