Ahad 04 Apr 2021 19:20 WIB

Mengenal Keunggulan Tanaman Hidroponik

Tanaman hidroponik memiliki keunggulan seperti unsur nutrisi tinggai dan higienis.

Seorang warga menunjukan sayuran yang ditanam menggunakan metode hidroponik, di Jati, Padang, Sumatera Barat, Rabu (3/2/2021). Kelompok Wanita Tani RW 1, Jati, Padang, mengembangkan tanaman hidroponik di rumah masing-masing, yang disalurkan Dinas Pertanian Padang berasal  dari dana pokok pikiran anggota DPRD Padang sebagai upaya meningkatkan ketahanan pangan di masa pandemi COVID-19.
Foto:

"Kalau panen bareng, di-broadcast hari ini besoknya habis. Kadang ada yang langsung borong semuanya," ucapnya.

Menurutnya, tanaman hidroponik memiliki keunggulan seperti unsur nutrisi lebih tinggi, higienis, lebih cepat panen dan tanpa mengandung pestisida. Hal itu yang membuat tanaman hidroponik diminati masyarakat.

Ia memaparkan, lahan satu meter persegi dengan instalasi hidroponik bertingkat bisa menghasilkan sekitar 50 lubang tanam.Terdapat beberapa jenis sayuran daun paling diminati untuk hidroponik, seperti sawi, bayam, kangkung, selada, hingga kemangi.

Selain aspek bisnis, aspek ekonomi juga dapat dirasakan dalam rumah tangga bagi penggiat pertanian kota, yakni pemangkasan biaya konsumsi rumah tangga terhadap pangan segar.

Dengan sederet keuntungan yang diperoleh dari menanam di rumah, sepertinya tidak ada alasan lagi bagi penduduk perkotaan untuk tidak mulai menanam. Dengan begitu, setidaknya dapat menghemat anggaran pengeluaran kebutuhan pangan rumah tangga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement