Rabu 07 Apr 2021 03:35 WIB

 Hanya Jamaah Tervaksinasi yang Diizinkan ke Makkah

Aturan tersebut mulai berlaku saat pelaksanaan umrah di bulan suci Ramadhan.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Agung Sasongko
Kabah di Masjidil Haram
Foto:

Arab Saudi telah melaporkan lebih dari 393.000 infeksi dan lebih dari 6.700 kematian akibat virus tersebut. Kementerian Kesehatan Kerajaan Saudi mengatakan telah lebih dari lima juta vaksin Covid-19 telah diberikan di negara dengan populasi lebih dari 34 juta.

Dengan meluasnta kampanye vaksinasi Covid-19 di seluruh dunia, gagasan paspor atau sertifikat vaksin menjadi solusi yang hangat diperdebatkan. Keberadaan sertifikat ini diharap dapat membuka kembali perbatasan internasional dengan aman dan meningkatkan sektor pariwisata.

Bulan lalu Tiongkok meluncurkan program sertifikat kesehatan bagi warga Tiongkok yang bepergian ke luar negeri. Sertifikat digital yang menunjukkan status vaksinasi pengguna dan hasil tes virus, tersedia untuk warga Tiongkok melalui program di platform media sosial Tiongkok, WeChat.

Pemerintah Inggris juga mempertimbangkan untuk meminta orang menunjukkan bukti vaksinasi Covid-19 untuk mengakses ruang yang ramai, seperti pub atau gym. Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson, sebelumnya mengatakan sertifikat kemungkinan diperlukan untuk perjalanan internasional. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement