Rabu 07 Apr 2021 19:48 WIB

Alquran Terjemahan Bahasa Rohingya akan Diluncurkan

Alquran Terjemahan Bahasa Rohingya akan Diluncurkan.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Muhammad Hafil
Alquran Terjemahan Bahasa Rohingya akan Diluncurkan
Foto: republika
Alquran Terjemahan Bahasa Rohingya akan Diluncurkan

IHRAM.CO.ID,JAKARTA – Untuk pertama kalinya, Muslim Rohingya dapat mendengarkan pembacaan Alquran dalam bahasa mereka yang diluncurkan dalam beberapa hari bentuk audio dan video daring. Peluncuran tersebut dilakukan bertahap pada Ramadhan nanti, yakni mulai pada pertengahan April.

Menurut PBB, Rohingya adalah salah satu minoritas yang paling teraniaya di dunia. Lebih dari 800 ribu orang yang terdiri dari mayoritas wanita dan anak-anak, terpaksa meninggalkan rumah di Myanmar setelah operasi militer yang brutal.

Baca Juga

Aktivis hak asasi manusia (HAM) telah mencatat beberapa kasus pemerkosaan, pembunuhan di luar proses hukum, dan seluruh desa dibakar menjadi abu di negara bagian Rakhine Myanmar. Namun, penganiayaan selama beberapa dekade dan kecaman negara oleh pemerintah Buddha juga menghancurkan buku dan kitab suci berbahasa Rohingya.

“Kami tidak diizinkan membaca dan menulis dalam bahasa Rohingya. Mereka akan memberi kami hukuman maksimal, baik dibunuh atau dipenjara,” kata Aktivis dan Pengusaha Rohingya, Muhammad Noor yang merupakan bagian dari kampanye penerjemahan.

Upaya penerjemahan Rohingya di masa lalu tidak lengkap dan sebagian besar dalam bentuk teks yang menggunakan huruf Urdu, Arab atau Latin. Sementara itu, banyak orang Rohingya yang buta huruf. Kebanyakan dari mereka sekarang tinggal di kamp-kamp pengungsi di Bangladesh. Mereka telah kehilangan pendidikan dan pekerjaan selama beberapa dekade.

Diaspora Rohingya, seperti Noor yang orang tuanya melarikan diri dari Myanmar pada 1960-an ke Timur Tengah, telah mencoba menghidupkan kembali budaya dan warisan Rohingya. Kendati bahasa Rohingya diucapkan dan dipahami oleh 1,8 juta orang, format tulisannya seperti alfabet dan kosakata telah mengalami beberapa perubahan selama berabad-abad.

Pada 1980-an, seorang sarjana Rohingya, Maulana Muhammad Hanif yang tinggal di Bangladesh, akhirnya mengembangkan sistem bahasa yang sekarang dikenal sebagai Rohingya Hanifi. Upaya ini untuk membakukan bahasa dan memudahkan orang untuk mempelajarinya.

“Yang terjadi adalah orang-orang yang dididik di Pakistan atau India cenderung ke arah terjemahan Alquran dalam bahasa Urdu dan mereka yang lahir dan besar di negara-negara Arab mengandalkan huruf Arab. Tapi kebanyakan orang Rohingya tidak bisa membaca semua itu,” kata Noor.

Noor menambahkan dia ingin menerjemahkan audio dan video dalam bahasa Rohingya agar bisa menjangkau warga Rohingya lain. Dia mengembangkan Unicode untuk bahasa Rohingya Hanifi yang membantu orang berkomunikasi dengan mudah melalui perangkat digital.

Dikutip TRT World, Selasa (6/4), proyek penerjemahan yang didukung oleh perusahaan media Noor, Rohingya Vision dan Toko Buku Dakwah Corner (DCB) yang berbasis di Malaysia, bertujuan untuk mengumpulkan 360 ribu ringgit Malaysia atau sekitar 87 ribu dolar Amerika.

Ini akan menggunakan bacaan bahasa Arab dari almarhum Ulama Sheikh Muhammad Ayyoub yang lahir di Makkah. Pengkhotbah, Qutub Shah yang menerjemahkan Alquran ke dalam bahasa Rohingya adalah mantan mahasiswa teknik mesin yang tidak diizinkan untuk menyelesaikan studinya oleh Myanmar.

Meskipun Alquran telah diterjemahkan ke dalam lusinan bahasa, proses penafsiran tidak pernah mudah.

 

Misal, di negara-negara berbahasa Inggris, terjemahan yang dilakukan oleh Abdullah Yusuf Ali yang dirilis pada tahun 1930-an tetap menjadi salah satu yang paling banyak dibaca 50 tahun kemudian. Agar supaya sederhana dan mendekati arti sebenarnya, terjemahan bahasa Rohingya akan dibuat kata demi kata dari sampel bahasa Arab dan Urdu. Tentunya, itu tidak akan memiliki penafsiran dalam rilis audio dan video. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement