Jumat 09 Apr 2021 20:20 WIB

Masjid Cologne, Simbol Keterbukaan Muslim Jerman

Masjid ini merupakan salah satu masjid yang termegah dan terbesar di Jerman.

Masjid Cologne Jerman.
Foto: muftisays.com
Masjid Cologne Jerman.

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Masjid Sentral di kota Cologne, Jerman, resmi dibuka pada Ramadhan 2017. Masjid ini merupakan salah satu masjid yang termegah dan terbesar di Jerman.

Butuh delapan tahun proses pembangunan masjid ini sejak dimulai pada November 2009. Kehadiran masjid ini sekaligus mengakhir penantian panjang selama 20 tahun umat Islam. 

Baca Juga

photo
Masjid Koln - (wikimedia.org)

“Datang dan kunjungilah masjid kami yang terbuka. Bicaralah kepada kami tentang Islam, tentang DITIB. Bukan tanpa kita, tapi dengan kita,” ungkap Sekjen DITIB, Bekir Alboga, seperti dilansir Ganaislamika, Jumat (9/4)

Penampilan masjid ini berbeda dengan kebanyakan bangunan masjid di Jerman yang dipengaruhi gaya Ustmaniyah. Konsepnya bahkan cenderung kontemporer meski pada sejumlah bagiannya masih memperlihatkan identitasnya sebagai sebuah bangunan masjid, yakni keberadaan kubah besar.

photo
Berbeda dengan kebanyakan bangunan masjid di negara-negara lain yang mengadopsi gaya tradisional, bangunan Masjid Cologne justru menerobos pakem-pakem yang selama ini banyak digunakan dalam arsitektur bangunan tempat ibadah umat Islam. - (EPA/Hening Keiser)

Hal menarik ketika melihat masjid ini adalah, seolah mengimpelemntasikan pernyataan Bekir Abolga tentang keterbukaan masjid terhadap siapapun yang ingin berdialog tentang Islam. 

photo
Penggunaan desain yang lebih modern ini, juga dilandaskan pada keinginan mayoritas masyarakat non-Muslim Cologne yang menghendaki agar bangunan masjid yang akan didirikan di kota tersebut tidak seperti bangunan masjid pada umumnya yang mengadopsi gaya arsitektur tradisional. - (EPA/Hening Keiser)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement