Jumat 23 Apr 2021 11:18 WIB

Masjid Abad ke-8 Dibuka Lagi

Masjid Al Towaim merupakan salah satu bangunan tertua di wilayah Al Majmaah

Rep: Andrian Saputra/ Red: Esthi Maharani
Ilustrasi: Masjid tempat ibadah umat Muslim.
Foto: Anadolu Agency
Ilustrasi: Masjid tempat ibadah umat Muslim.

IHRAM.CO.ID, AL MAJMAAH -- Masjid Al Towaim yang bersejarah dibuka lagi setelah direnovasi. Masjid itu merupakan salah satu bangunan tertua di wilayah Al Majmaah sebelah utara Riyadh, Arab Saudi.  Masjid Al Towaim dibangun pada abad kedelapan.

Seperti dilansir Saudi Gazette pada Jumat (23/4) masjid ini direnovasi sebagai bagian dari proyek putra mahkota Mohammed bin Salman untuk merenovasi masjid-masjid bersejarah di Arab Saudi. Ada sebanyak 30 masjid di 10 masjid akan dipulihkan kembali dan diperbaiki.

Masjid Al Towaim ini dibangun oleh Medlej Bin Hussein Al-Waili, putra-putranya, dan anggota suku lainnya. Masjid ini diperbarui pada masa pemerintahan almarhum Raja Abdulaziz. Imam terkemuka biasa memimpin sholat di masjid termasuk Syekh Abdulkarim Al Ahmad yang biasa memimpin sholat hingga 1423 H. Setelah itu  sebuah komite dibentuk untuk mempelajari ketahanan masjid untuk digunakan sebagai tempat ibadah. Hingga akhirnya saat itu diputuskan bahwa masjid harus ditutup demi keselamatan jamaah.

Masjid ini berjarak sekitar 170 kilometer dari Riyadh. Masjid Al Towaim dibangun dengan gaya Najdi yang terdiri dari lumpur dan batu dengan atap kayu yang dibangun dari tamarix dan daun palem dengan luas total sekitar 461 meter persegi dan digunakan untuk menampung hampir 270 jemaah.

Masjid itu terdiri dari ruang sholat, tempat peristirahatan, dan depo Al-Sarha, tempat wudhu, menara masjid berbentuk lingkaran dengan ketinggian sekitar 11,61 meter, serta pohon palem yang ditanam berbentuk bujur sangkar dengan luas 41,7 meter persegi di selatan masjid. Masjid ini memiliki tiga pintu masuk di bagian fasad utara dan timur.

Saat ini Masjid Al Towaim terbuka dan siap menerima jamaah setelah renovasi. Semua pengerjaan telah selesai termasuk ruang sholat, retret, depot, alun-alun, toilet, dan tempat wudhu. Sekaeanh masjid itu menempati area seluas 681 meter persegi dan dapat menampung hingga 472 jemaah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement