Ahad 25 Apr 2021 14:44 WIB

Lima Nomisasi Oscar 2021 dari Timur Tengah

Ada lima yang berasal dari Timur Tengah dan Afrika Utara yang perlu disoroti.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Esthi Maharani
Academy Awards
Foto:

4. Hunger Ward

Film produksi Amerika tentang kelaparan yang menghancurkan Yaman karena dilanda perang telah dinominasikan dalam kategori film dokumenter pendek. Hunger Ward menceritakan tentang dua petugas kesehatan, Dr Aida Alsadeeq dan perawat Mekkia Mahdi saat mereka berjuang untuk menyelamatkan nyawa anak-anak yang kekurangan gizi di pusat terapi makanan Yaman.

Situasi akibat perang saudara Yaman yang dimulai pada 2015 ini kerap disebut sebagai krisis kemanusiaan terparah di dunia. PBB memperkirakan dua juta anak Yaman di bawah usia lima tahun menderita kekurangan gizi parah tahun ini. Film berdurasi 40 menit yang mendokumentasikan krisis tersebut dibuat dalam waktu satu bulan dengan visa tim produksi AS hanya berlaku selama 30 hari.

Selama pembuatan film, para kru ditahan sebentar. Sang sutradara, Skye Fitzgerald berharap film itu akan membantu mengakhiri krisis. “Kami berusaha untuk membuat film yang memberikan empati dan mengungkapkan keterlibatan Amerika dalam kematian warga sipil saat ini di Yaman,” kata Fitzgerald dalam sebuah pernyataan di situs film tersebut.

5. Ramin Bahrani (the White Tiger)

Sutradara dan penulis skenario Iran-Amerika, Ramin Bahrani dinominasikan dalam kategori skenario adaptasi terbaik untuk film the White Tiger. Film yang didistribusikan Netflix berdasarkan novel pemenang hadiah Booker, menceritakan tentang kebangkitan seorang pengemudi yang ambisius dari penduduk desa yang miskin menjadi pengusaha yang sukses di India modern.

Bahrani yang menulis dan menyutradarai film tersebut bertujuan untuk fokus pada komunitas yang kurang terwakili melalui karyanya. “Saya suka menunjukkan kepada orang-orang yang biasanya tidak Anda lihat di film, seperti kelas bawah, para imigran, dan kelas pekerja,” kata dia. The White Tiger juga dinominasikan untuk skenario adaptasi terbaik di Baftas tahun ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement