Ahad 25 Apr 2021 16:10 WIB

Pengasuh Darunnajah 3: Santri Sudah Pulang Sejak 22 April

Santri sudah tidak ada kegiatan, jadi sebelum tanggal 6 Mei sudah pulang

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Esthi Maharani
Santri Pondok Pesantren Darunnajah
Foto: Republika TV
Santri Pondok Pesantren Darunnajah

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Pengasuh Pondok Pesantren Al-Manshur Darunnajah Cabang 3 Banten, Busthomi Ibrohim, memberikan tanggapan soal keinginan Wakil Presiden Ma'ruf Amin yang ingin memfasilitasi kepulangan para santri. Dia mendukung langkah Wapres untuk memfasilitasi kepulangan santri ke kampung halaman.

"Karena santri itu sudah tidak ada kegiatan lagi pada 6 Mei nanti sehingga memang sudah waktunya pulang. Jadi sebelum tanggal 6 Mei itu sudah pada pulang," kata dia kepada Republika.co.id, Ahad (25/4).

Busthomi menjelaskan, Pesantren Al-Manshur Darunnajah Cabang 3 Banten merupakan pondok khusus akhwat atau perempuan. Dia mengatakan, semua santri yang totalnya 316 orang itu sudah pulang pada 22 April kemarin berdasarkan jadwal yang ditetapkan di awal tahun ini.

"Santri kami sebetulnya sudah pulang 22 April kemarin sejak dimulai pemberlakuan pengetatan larangan mudik oleh pemerintah, jadi ini ketepatan. Sudah disusun lama di awal tahun ini, by design bahwa santri kami akan pulang pada tangal 22 April," jelasnya.

Para santriwati, lanjut Busthomi, pulang dijemput oleh keluarganya. "Mereka semua pulang dengan dijemput karena mereka semuanya akhwat. Ada semacam aturan yang tidak dipunyai pondok lain, yaitu anak tidak pulang kalau tidak dijemput walinya atau abangnya," tuturnya.

Wapres Ma'ruf Amin memberikan opsi agar instansi berwenang memfasilitasi santri yang hendak pulang ke rumahnya usai menimba ilmu di pesantren. Wapres mencoba memberikan jalan tengah yakni fasilitasi kepulangan santri sebelum masa larangan mudik.

"Jadi bukan dispensasi pada masa Larangan Mudik yang telah ditetapkan pemerintah yaitu tanggal 6 sampai dengan 17 Mei 2021," kata Juru Bicara Wapres, Masduki Baidlowi dalam keterangan tertulisnya, Jumat (23/4).

Hal ini juga meralat pernyataan Masduki sebelumnya tentang Wapres Ma'ruf meminta adanya dispensasi santri dari larangan mudik lebaran. Masduki mengatakan, Wapres mencoba memahami keresahan para santri yang terancam tidak bisa pulang dari pesantren lantaran bersamaan dengan kebijakan larangan mudik.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement