Selasa 27 Apr 2021 19:30 WIB

Turki Terapkan Lockdown Mulai Kamis

Turki akan menerapkan lockdown secara nasional mulai Kamis (29/4) hingga 17 Mei.

Pemandangan pusat kota Istanbul, Senin malam, 26 April 2021. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan telah mengumumkan pembatasan pandemi paling ketat di negara itu sejauh ini, menutup bisnis dan sekolah serta membatasi perjalanan selama hampir tiga minggu mulai Kamis untuk melawan lonjakan COVID-19 infeksi dan kematian.
Foto:

Kelompok-kelompok tertentu, termasuk pekerja layanan darurat serta karyawan di sektor makanan dan manufaktur akan dibebaskan dari aturan tersebut.Pembatasan baru itu diberlakukan mulai pukul 16.00 GMT pada Kamis dan akan berakhir pada 02.00 GMT pada 17 Mei.

 

"Pada saat Eropa memasuki fase pembukaan kembali, kita perlu segera memangkas jumlah kasus kita menjadi di bawah 5.000 agar tidak ketinggalan. Kalau tidak demikian, kita pasti akan menghadapi kerugian besar di setiap bidang, mulai dari pariwisata hingga perdagangan dan pendidikan," kata Erdogan.

Langkah-langkah itu akan dilaksanakan "dengan cara yang paling ketat untuk memastikan memberikan hasil yang kita inginkan," katanya.Dua pekan lalu, Turki mengumumkan jam malam mulai pukul 19.00 hingga 05.00 pada hari kerja, juga penguncian penuh sepanjang akhir pekan.

Langkah itu diambil setelah kasus melonjak ke tingkat tertinggi, tetapi aturan yang ada terbukti tidak cukup untuk mengendalikan pandemi.Total kasus harian COVID di Turki mencapai puncaknya di atas 63.000 pada 16 April, sebelum turun tajam menjadi di bawah 39.000 pada Minggu (25/4).Total korban jiwa akibat COVID di Turki, yang berpenduduk 84 juta orang, mencapai 38.711 pada Senin, menurut data kementerian kesehatan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement