Senin 03 May 2021 10:47 WIB

Muslim Inggris Berlari Saat Puasa Demi Kumpulkan Donasi

Seorang pria Muslim Inggris menargetkan berlari sejauh 313 km

Afruz Miah berlari sejauh 313 saat berpuasa demi kumpulkan donasi
Foto: About Islam
Afruz Miah berlari sejauh 313 saat berpuasa demi kumpulkan donasi

IHRAM.CO.ID, LONDON -- Seorang pria Muslim Inggris menargetkan berlari sejauh 313 km dari Oldham ke London saat berpuasa Ramadhan. Tujuannya untuk mengumpulkan dana untuk badan amal lokal Inggris.

"Berlari telah menjadi perjuangan dan tubuh saya harus beradaptasi," kata pekerja Amal berusia 47 tahun, Afruz Miah dilansir dari About Islam pada Senin (3/5).

Afruz menceritakan Ramadhan kali ini yang pertama baginya dijalani tanpa keluarga. Padahal Ramadhan menurutnya adalah waktu untuk keluarga. Namun, demi mengumpulkan donasi, ia rela kehilangan waktu bersama keluarga

"Saya pernah ke tempat-tempat seperti Burundi dan kamp pengungsi di Rohingya dan saya telah melihat anak-anak tanpa orang tua dan janda yang berduka sehingga saya bisa terus maju," ujar Afruz.

Sejauh ini dia telah melewati setengah jalan dari tantangan besarnya untuk mengumpulkan dana bagi badan amal Inggris, Global Relief Trust (GRT). Saat ini di Northampton, Afruz telah mengumpulkan 52.991,92 poundsterling (Rp1 miliar) dari 97.969 poundsterling yang ditargetkan. Terinspirasi oleh upaya almarhum Sir Kapten Tom dan Dabirul Islam Choudhury, ia memutuskan untuk memulai perjalanan besarnya guna mengumpulkan uang untuk GRT. Ia berencana mencapai garis finis di London pada 8 Mei.

"Saya telah dapat melibatkan banyak orang, saya telah berhasil mengajari orang-orang tentang Islam dan Ramadhan," ucap Afruz.

Afruz telah menjelaskan penyebabnya melaksanakan amal dengan cara berlari kepada orang-orang. Mereka pun merogoh kocek dalam-dalam demi membantu Afruz.

"Saya telah meminta orang-orang dari berbagai kota untuk menghubungi saya, berlari bersama saya, dan beberapa telah membawakan saya makanan untuk berbuka puasa, jadi saya belum menghabiskan satu sen pun untuk makanan melalui semua ini," tutur Afruz.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement