Selasa 04 May 2021 22:44 WIB

Sembilan Ponpes Ditetapkan Percontohan Pesantren Mandiri

Sembilan pesantren itu memiliki kemandirian secara ekonomi melalui unit-unit usaha.

Ilustrasi Santri
Foto:

Di samping itu, Yaqut ingin agar pesantren bisa menjadi penggerak ekosistem di lingkungan sekitar. Pesantren mesti melibatkan masyarakat sehingga sama-sama berdaya dalam hal ekonomi."Syukur-syukur kalau bisa dikembangkan menjadi sebuah ekosistem bersama masyarakat sekitarnya. Karena kita tahu pesantren itu selalu hadir dan berada di tengah-tengah masyarakat. Jadi pemberdayaan pesantren sebenarnya sekaligus pemberdayaan masyarakat di sekitar pesantren. Itu yang kita harapkan dari 'launching' kita hari ini," kata dia.

Sementara itu, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kemenag Muhammad Ali Ramdhani mengatakan ada empat tujuan dalam Peta Jalan Kemandirian Pesantren yakni penguatan fungsi pesantren dalam menghasilkan insan-insan yang unggul di dalam Ilmu agama, keterampilan kerja dan ilmu usaha.Kedua, penguatan pondok pesantren dalam mengelola unit bisnis sebagai sumber daya ekonomi.

Ketiga, penguatan pesantren dalam menjalankan fungsi pemberdayaan masyarakat. Keempat, penguatan peran Kementerian Agama dalam mewujudkan kemandirian pesantren"Mudah-mudahan dalam waktu dekat kita semakin mengokohkan pesantren sebagai lembaga pendidikan, lembaga dakwah, dan termasuk di dalamnya adalah kemandirian masyarakat," kata dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement