Ahad 09 May 2021 13:32 WIB

Sadiq Khan Terpilih Kembali Sebagai Wali Kota London

Khan memenangkan 1.206.034 suara atau 55,2 persen di London

Sadiq Khan terpilih kembali sebagai wali kota London
Foto: Anadolu Agency
Sadiq Khan terpilih kembali sebagai wali kota London

IHRAM.CO.ID, LONDON -- Sadiq Khan terpilih kembali sebagai wali kota London untuk masa jabatan kedua pada hari Sabtu.

Dia diharapkan menang telak, namun hasil pemilihan mendekati target yang diharapkan.

Khan memenangkan 1.206.034 suara atau 55,2 persen. Kandidat konservatif Shaun Bailey memenangkan 977.601 suara, atau 44,8 persen. Jumlah pemilih yang memberikan suara 42,2 persen.

Kemenangan Khan datang setelah suara terus dihitung di tempat lain setelah pemungutan suara diadakan awal pekan ini.

Pemilihan "Super Thursday" adalah untuk dewan lokal di seluruh Inggris serta pemilihan parlemen Welsh dan Skotlandia, pemilihan wali kota di Inggris dan pemilihan sela di Hartlepool.

Pemilu terbukti sulit bagi oposisi utama, Partai Buruh kiri-tengah yang kehilangan kursi dari Partai Konservatif kanan-tengah yang berkuasa.

Hasil pemilihan Partai Buruh

Sementara itu, Andy Burnham dari Partai Buruh memenangkan pemilihan ulang sebagai wali kota Greater Manchester. Dia menang dengan mengesankan setelah meraih 69 persen suara.

Burnham sebelumnya mencalonkan diri sebagai pemimpin Partai Buruh pada 2010 dan 2015 tetapi kalah pada kedua kesempatan tersebut.

Penampilan dominannya dalam pemilihan Kamis di tengah kesulitan Partai Buruh yang lebih luas telah menghidupkan kembali diskusi tentang Burnham yang dapat menguat di masa depan.

"Di masa depan yang jauh, jika partai merasa membutuhkan saya, saya di sini dan mereka harus menghubungi saya," kata dia kepada Sky News.

Tapi dia mengecilkan ekspektasi dari setiap tawaran kepemimpinan dalam waktu dekat. "Saya mendapat pekerjaan terbaik di dunia di kawasan kota terbaik di dunia," katanya.

Di Liverpool, Steve Rotheram terpilih kembali sebagai wali kota Kota Liverpool dengan 58 persen suara.

Di West Midlands, petahana Konservatif Andy Street memenangkan pemilihan kembali sebagai wali kota di bagian Inggris yang ingin diraih oleh Partai Buruh.

Joanne Anderson dari Partai Buruh terpilih sebagai wali kota kota Liverpool pada hari Jumat, menjadi wanita kulit hitam pertama yang memimpin sebuah kota besar di Inggris. Dia memenangkan 59 persen suara.

Petahana Konservatif di Lembah Tees utara, Ben Houchen, juga memenangkan pemilihan ulang sebagai wali kota dengan 73 persen suara, yang merupakan pukulan lain bagi Partai Buruh di bagian Inggris yang dianggap sebagai jantung mereka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement