Kelompok Bersenjata Culik Jamaah Masjid di Nigeria

Selasa , 11 May 2021, 06:03 WIB Redaktur : Muhammad Subarkah
Muslim Nigeria.
Muslim Nigeria.

IHRAM.CO.ID, KANO --- Kelompok bersenjata menculik para jamaah Masjid di Nigeria. Berdasarkan laporan polisi, sedikitnya ada 10 orang  termasuk wanita dan anak-anak.

 

Terkait

Mereka diculik oleh orang-orang bersenjata yang  tak dikenal di sebuah masjid komunitas Kwata di negara bagian Katsina, Nigeria pada Senin (10/5). 

Seperti dilansir Anadolu Agency pada Selasa (11/5) Juru bicara kepolisian negara bagian Katsina, Gambo Isah mengatakan para pria bersenjata berat menyerang masjid sekitar pukul 02:00 waktu setempat dan menculik 40 orang yang sedang ibadah.

Isah mengatakan 30 dari orang yang diculik telah diselamatkan sementara upaya sedang dilakukan untuk menyelamatkan 10 lainnya. Ia menambahkan orang-orang bersenjata mungkin telah membawa mereka ke Hutan Rugu.

Hutan Rugu yang dikhawatirkan menjadi tempat persembunyian para bandit yang meneror negara bagian Katsina, Zamfara, dan Kaduna dan terbentang lebih dari 220 kilometer (137 mil).  Membentang dari Republik Niger dan menyebar ke sebagian besar negara bagian Katsina di Nigeria.

Pekan lalu, para bandit menculik puluhan pelancong dan membunuh seorang jurnalis, Ibrahim Dankabo. Seorang juru kamera dari Unit Informasi dewan daerah, Dankabo mencoba menyelamatkan seorang wanita yang diculik ketika dia ditembak mati. Bulan lalu, massa juga menghukum mati tiga tersangka bandit di daerah itu.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini