Rabu 12 May 2021 08:15 WIB

Pemerintah Dorong Percepatan Kawasan Industri Halal

Pemerintah menargetkan sebanyak 15-17 unit UMKM dapat disertifikasi setiap tahun.

Wakil Presiden Ma
Foto: BPMI/Setwapres
Wakil Presiden Ma

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin memimpin rapat koordinasi antarkementerian dengan agenda membahas kawasan industri halal (KIH) dan sertifikat halal.

"Hari ini, ada rapat koordinasi antarmenko dan kementerian terkait, untuk mendorong percepatan pengembangan industri halal dan produk halal," ujar Wapres dalam keterangan melalui video di Jakarta, Selasa (12/5).

Baca Juga

Wapres mengatakan pemerintah ingin fokus menjadikan Indonesia sebagai pusat halal dunia, yang tidak hanya untuk konsumsi dalam negeri, tetapi juga ekspor.Menurutnya, hal ini sejalan juga dengan upaya percepatan implementasi UU Cipta Kerja, guna mendorong investasi dan iklim usaha yang kondusif.

Wapres mengungkapkan terdapat dua hal yang menjadi fokus pertemuan itu yakni mempercepat perkembangan kawasan industri halal agar insentif dapat diberikan sebagaimana kawasan ekonomi klhusus dan layanan satu atap.

 

Kedua, percepatan dalam rangka sertifikasi halal, yang memerlukan waktu sampai 97 hari, kini harus dipercepat dengan 21 hari saja, melalui sistem yang disiapkan sedemikian rupa agar pola pelayanan menjadi cepat dan koordinasi berjalan baik.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement