Ahad 23 May 2021 23:29 WIB

100 Pendaki Gunung Everest Terjangkit Covid-19

Sebanyak 408 pendaki asing diberikan izin mendaki Gunung Everest musim ini.

Rep: Eva Rianti / Red: Ani Nursalikah
100 Pendaki Gunung Everest Terjangkit Covid-19. Base camp di Gunung Everest
Foto:

Pendakian gunung ditutup tahun lalu karena pandemi Covid-19. Pejabat Nepal tidak dapat segera dihubungi untuk memberikan komentar pada Sabtu.

Tim pendaki lain belum mengumumkan infeksi Covid-19 di antara anggota atau staf mereka. Beberapa pendaki telah melaporkan hasil tes positif setelah mereka diturunkan dari base camp Everest.

Furtenbach mengatakan, sebagian besar tim di gunung itu tidak membawa alat penguji virus dan sebelum timnya mundur, mereka telah membantu melakukan tes dan telah mengonfirmasi dua kasus. “Sebagian besar tim masih berada di base camp, berharap cuaca cerah minggu depan, sehingga mereka dapat melakukan dorongan terakhir ke puncak sebelum musim pendakian ditutup pada akhir bulan,” kata Furtenbach.

Pada akhir April, seorang pendaki Norwegia menjadi orang pertama yang dinyatakan positif di base camp Everest. Dia diterbangkan dengan helikopter ke Kathmandu di mana dia dirawat dan kemudian kembali ke rumah.

 

Nepal sedang mengalami lonjakan virus, dengan rekor jumlah infeksi dan kematian baru. China pekan lalu membatalkan pendakian dari sisi Gunung Everest karena khawatir virus dapat menyebar dari sisi Nepal. Nepal melaporkan 8.607 infeksi baru dan 177 kematian pada akhir pekan ini, menjadikan total kasus Covid-19 di negara tersebut sejak pandemi menjadi lebih dari 497 ribu infeksi dan 6.024 kematian.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement