Selasa 25 May 2021 17:41 WIB

Jalur Alternatif Jonggol-Cipanas Bisa Dilalui Satu Arah

Jalur alternatif Jonggol-Cipanas, Cianjur, Jawa Barat, sempat tertutup longsor.

Jalan longsor.   (ilustrasi)
Foto: Republika/Yasin Habibi
Jalan longsor. (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Jalur alternatif Jonggol-Cipanas, Cianjur, Jawa Barat, baru dapat dilalui satu arah setelah satu unit alat berat dan dua dam truk milik PUPR Cianjur, diturunkan untuk menyingkirkan material longsoran.

Dari pantauan Antara, hingga Selasa siang, antrian kendaraan dari kedua arah masih terlihat sepanjang 500 meter dari kedua arah, meski beberapa meter dari lokasi longsor, petugas sudah mengimbau pengguna jalan untuk mengambil jalur lain karena proses pembersihan material longsor masih diupayakan.

Baca Juga

Longsoran tanah setinggi 1 meter dengan panjang 12 meter, sempat menyulitkan tim gabungan yang terdiri dari TNI/Polri, BPBD Cianjur dan relawan, melakukan proses menyingkirkan material longsor dengan alat manual guna membuka kembali jalur yang cukup padat dilalui kendaraan pembawa hasil bumi.

"Menjelang siang satu alat berat dan dua dam truk sampai ke lokasi, sehingga proses menyingkirkan material longsoran dapat dengan cepat dilakukan. Namun, tebal dan panjangnya longsoran, membutuhkan waktu lama, untuk membuka kembali jalur secara normal," kata Kapolsek Sukaresmi AKP Irwan Alexander saat dihubungi Selasa (25/5).

Ia menjelaskan, menjelang siang arus kendaraan jenis roda dua, sudah dapat melintas secara bergantian, sehingga antrian panjang yang sempat terlihat mulai berkurang. Namun, untuk kendaraan besar jenis truk dan minibus, belum dapat melintas normal karena masih diberlakukan buka tutup satu arah.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement