Rabu 26 May 2021 20:22 WIB

Pelaku Vandalisme Swastika di Masjid Skotlandia Ditangkap

Vandalisme masjid ini terjadi pada 2019.

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Ani Nursalikah
Pelaku Vandalisme Swastika di Masjid Skotlandia Ditangkap
Foto: Republika/Kurnia Fakhrini
Pelaku Vandalisme Swastika di Masjid Skotlandia Ditangkap

IHRAM.CO.ID, ELGIN -- Mark Macpherson (44 tahun) ditahan usai mengakui kejahatannya pada Mei 2019. Macpherson tertangkap CCTV saat tengah menyeprotkan coretan dan swastika ofensif di sebuah masjid di Elgin, bagian utara Skotlandia.  

Perwakilan fiskal Robert Weir mengatakan Ketua Masjid Elgin, Lansana Bangura mengaku telah mengunci masjid setelah sholat subuh, saat Macpherson melancarkan aksinya pada 20 Mei 2019. Seorang saksi mengaku mendengar suara yang mirip dengan semprotan aerosol dan melihat seorang pria berkerudung. 

Baca Juga

Selanjutnya polisi menemukan lambang swastika disemprotkan di jendela dan dinding masjid dengan bahasa yang menyinggung. Ketika diwawancarai oleh polisi setelah ditangkap dan ditanya alasannya melakukan kejahatan tersebut, Macpherson menjawab, "Sejujurnya, saya tidak tahu.”

Sementara itu Pengacara Macpherson, Stephen Carty, mengatakan kliennya kecandungan alkohol dan obat-obatan. Kini Macpherson telah mendekam di penjara selama 14 bulan sejak kasusnya terungkap.

Sheriff Sara Matheson mengatakan Elgin adalah wilayah bersejarah yang sangat memegang teguh toleransi antaragama. Menurutnya, tindakan ini sangat menyinggung dan menunjukkan ketidaktahuan dan kebencian yang tidak mencerminkan Elgin.  

"Prasangka rasial apa pun akan diperlakukan dengan sangat serius oleh pengadilan,” ujarnya.

Bangura mengatakan, kejadian tersebut tidak mengubah ikatan yang telah terjalin diantara masjid dan komunitas Muslim Elgin. Dewan Moray juga telah menghapus grafiti yang sangat ofensif tersebut.

https://www.bbc.com/news/uk-scotland-north-east-orkney-shetland-57241804

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement