Ahad 30 May 2021 20:40 WIB

Pakar Soroti Fenomena Penularan Covid-19 ke Hewan

Data di lapangan menunjukkan telah terjadi penularan COVID-19 pada berbagai spesies.

Ilustrasi Covid-19
Foto: Pixabay
Ilustrasi Covid-19

IHRAM.CO.ID,  JAKARTA -- Fenomena COVID-19 dapat menulari hewan perlu menjadi perhatian. "Namun data di lapangan menunjukkan bahwa telah terjadi penularan COVID-19 pada berbagai spesies di seluruh dunia seperti anjing, kucing, kera dan cerpelai (mink)," kata Pakar genetika dari IPB University, Prof Ronny Rachman Noor, Ahad (30/5).

Guru Besar Fakultas Peternakan IPB itu menjelaskan bahwa kasus penularan COVID-19 kepada kucing dan anjing telah dilaporkan di beberapa negara, seperti penularan terhadap anjing di Hongkong dan kucing yang dites positif COVID-19 di Inggris.

Baca Juga

Selain itu ditemukan juga kasus COVID-19 pada harimau di Kebun Binatang Bronx di New York, Amerika Serikat. Dengan kasus baru-baru ini adalah delapan gorila di Kebun Binatang San Diego, California, AS juga dinyatakan positif COVID-19 diduga karena terpapar penjaga yang terinfeksi penyakit tersebut.

"Masalah yang lebih serius terjadi pada cerpelai yang merupakan hewan semi akuatik yang dibudidayakan untuk diambil bulunya. Beberapa negara telah melaporkan infeksi pada mink dan dalam beberapa kasus sangat parah dan mengalami kematian," ujarnya.

 

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement