Rabu 02 Jun 2021 00:15 WIB

SMP Muhammadiyah Sragen Sumbang Buku Karya Siswa

Buku-buku itu diterbitkan setiap tahun sejak 2017.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Esthi Maharani
(Foto: Ilustrasi perpustakaan)
Foto: Pixabay
(Foto: Ilustrasi perpustakaan)

IHRAM.CO.ID, SRAGEN -- SMP Darul Ihsan Muhammadiyah Sragen menyumbangkan buku-buku karya siswa ke Perpustakaan Daerah Kabupaten Sragen dan perpustakaan Gemolong lada Senin (31/5). Pembimbing siswa, Udik Riyanto menjelaskan buku-buku itu diterbitkan setiap tahun sejak 2017.

"Alhamdulillah kami memberikan sumbangan buku karya murid. Semoga bermanfaat untuk perpustakaan dan pengunjung yang datang," kata Udik Riyanto seperti rilis yang diterima Republika pada Selasa (1/6).

Udik mengatakan SMP Darul Ihsan Muhammadiyah Sragen memang berkomitmen untuk mengembangkan kemampuan anak dalam bidang membaca dan menulis. Ia mengatakan sejak 2017 melalui wadah yang dibentuk bernama Gubuk Literasi Dimsa telah menerbitkan setidaknya 16 judul buku yang ber-ISBN.

Beragam jenis buku telah diterbitkan, di antaranya antologi puisi, antologi cerpen, antologi narasi, dan buku motivasi, yang semuanya merupakan karya siswa. Udik mengatakan dengan memberikan buku-buku itu kepada perpustakaan diharapkan dapat bermanfaat bagi banyak orang. Selain itu, bisa menjadi bukti bahwa siswa SMP di Sragen pun bisa menulis buku.

 

Pihak Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Sragen, yang diwakili oleh Kasi Perpustakaan, Heny Setyowati mengapresiasi pemberian buku-buku karya siswa itu. Menurutnya buku-buku para siswa SMP Darul Ihsan Muhammadiyah Sragen semakin memperbanyak koleksi buku-buku khususnya yang ditulis oleh warga Sragen.

"Kami mengucapkan terima kasih atas sumbangan buku dari SMP Darul Ihsan Muhammadiyah Sragen, mudah-mudahan buku ini bermanfaat untuk pengembangan literasi di Kabupaten Sragen dan pengunjung yang datang ke sini," kata Heny.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement