10 Robot Digunakan untuk Disinfeksi Masjidil Haram

Selasa , 08 Jun 2021, 14:33 WIB Reporter :Kiki Sakinah/ Redaktur : Esthi Maharani
Sterilisasi Masjidil Haram Gunakan Robot Pintar. Robot ini bekerja dengan sistem otomasi Pemetaan dan Lokalisasi Simultan (SLAM) beresolusi tinggi.
Sterilisasi Masjidil Haram Gunakan Robot Pintar. Robot ini bekerja dengan sistem otomasi Pemetaan dan Lokalisasi Simultan (SLAM) beresolusi tinggi.

IHRAM.CO.ID, MAKKAH -- Tim disinfeksi pada Senin (7/6) turut menyertakan 10 robot untuk membersihkan Masjidil Haram di Makkah, Arab Saudi. Robot tersebut akan membantu dalam rutinitas disinfeksi Masjid al-Haram, yang merupakan salah satu langkah untuk membantu memantau penyebaran penyakit virus corona.

 

Terkait

Dilansir di Arab News, Selasa (8/6), mesin pintar tersebut dilengkapi dengan program khusus untuk menganalisis keperluan disinfeksi di area yang ditugaskan. Menurut Presidensi Umum untuk Urusan Dua Masjid Suci, robot-robot ini dapat bekerja antara lima dan delapan jam tanpa campur tangan manusia.

Kepresidenan Umum untuk Urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi telah memperkenalkan langkah-langkah ketat untuk memastikan keselamatan jamaah. Hal itu termasuk penerapan jarak sosial, mengenakan masker wajah, menyediakan jalan setapak yang dipandu, stasiun sanitasi, dan hanya mengizinkan jamaah yang divaksinasi untuk masuk ke area masjid.

Selain disinfektan, setidaknya 1500 liter parfum pembersih digunakan setiap hari di Masjid al-Haram. Beberapa tindakan pencegahan kesehatan lainnya termasuk 3.000 tempat sampah yang didistribusikan di seluruh masjid dan setiap lapangan persegi di Masjid al-Haram dicuci 10 kali sehari.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini