Selasa 22 Jun 2021 09:51 WIB

Muslim Kurang Terwakili di Sebagian Besar Negara Eropa

Penelitian Ungkap Muslim Kurang Terwakili di Sebagian Besar Negara Eropa

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Muhammad Subarkah
Muslim Inggris ke luar dari ruangan usai mengikuti pemilihan suara dalam Pemilu Inggris.
Foto:

Prancis terburuk

Selain Prancis menjadi terburuk dalam keterwakilan Muslim di kangan parlemen Eropa, negara ini juga punya pengalaman yang banyak dalam aksi Islamofobia.

Prancis tahun lalu terlibat dalam perseteruan sengit dengan negara-negara Muslim, termasuk Turki, atas pernyataan dan kebijakan yang dibuat oleh pejabat tinggi Prancis menyusul penerbitan ulang karikatur ofensif Nabi Muhammad.

 

Muslim di seluruh dunia juga mengecam keputusan majalah satir Prancis Charlie Hebdo menerbitkan ulang kartun tersebut, dengan alasan tidak menghormati Muslim dan Nabi Muhammad.

 

Kala itu Presiden Macron mengatakan dia tidak akan mencegah penerbitan kartun dengan dalih kebebasan berbicara. Namun, Muslim Prancis menuduhnya mencoba untuk menindas agama mereka dan melegitimasi Islamofobia. Beberapa negara mayoritas Muslim mengecam sikap Macron terhadap Muslim dan Islam.

 

Berbagai protes dan boikot terhadap produk Prancis telah terjadi di seluruh dunia menyusul pernyataan Macron. Para kritikus mengklaim pemerintah presiden Prancis mengeksploitasi serentetan kekerasan untuk mengintensifkan sikap anti-Muslimnya yang kontroversial.

 

Turki mengecam keras keputusan Charlie Hebdo untuk menerbitkan ulang kartun tersebut, dengan mengatakan tindakan tersebut berisi penghinaan terhadap Muslim dan Nabi Muhammad.

 

Pada September lalu, Kementerian Luar Negeri Turki mengatakan tidak mungkin membenarkan penghinaan dan ketidakhormatan terhadap Muslim ini dengan sebutan kebebasan pers, seni atau ekspresi. Mereka juga mengkritik sikap Macron tentang masalah ini.

 

Awal bulan ini, subkomisi Parlemen Turki tentang meningkatnya rasisme dan Islamofobia di Eropa menggarisbawahi upaya untuk melegitimasi praktik anti-Islam dengan alasan hukum.  

 

https://www.dailysabah.com/politics/eu-affairs/muslims-underrepresented-in-most-european-countries-study-says