Kamis 24 Jun 2021 16:53 WIB

Jumlah UMKM di Kalteng Naik Signifikan Selama Pandemi

UMKM merupakan usaha yang sangat diminati oleh sebagian besar masyarakat.

Jumlah UMKM di Kalteng Naik Signifikan Selama Pandemi. Perajin membuat mie dari buah labu madu.
Foto: ANTARA/Iggoy el Fitra
Jumlah UMKM di Kalteng Naik Signifikan Selama Pandemi. Perajin membuat mie dari buah labu madu.

IHRAM.CO.ID, PALANGKA RAYA -- Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah Nuryakin menyatakan jumlah usaha mikro, kecil, dan menengah per 1 Juni 2021 sebanyak 64.087 unit. Jumlah itu mengalami peningkatan secara signifikan sejak muncul dan mewabahnya Covid-19.

"Kenaikan itu terlihat dari data 2019 jumlah UMKM di Kalteng 40.568 unit, naik jadi 64.087 unit per 1 Juni 2021. Sebanyak 64.084 unit itu terdiri dari 309 unit usaha menengah, 3.363 unit usaha kecil, dan 60.415 unit usaha mikro," kata Nuryakin saat Opening Ceremony Festival UMKM dan Pariwisata Kalimantan Tengah yang dilaksanakan Bank Indonesia (BI) Perwakilan Kalteng, Kamis (24/6).

Baca Juga

Selain itu, Pemprov Kalteng melihat sektor UMKM merupakan usaha yang sangat diminati oleh sebagian besar masyarakat di tengah pandemi Covid-19. Sebaran pelaku UMKM berada di tempat-tempat wisata di Kalteng. 

Pemprov melihat Keterkaitan ini tidak mungkin terpisahkan bahwa keberadaan UMKM merupakan faktor pendukung kemajuan wisata dan sekitarnya. "Pemprov Kalteng juga melihat sektor UMKM menjadi usaha yang sangat diminati oleh sebagian besar masyarakat Kalteng di tengah pandemi Covid-19," kata dia.

Menurut dia, Pemprov bersama BI Perwakilan Kalteng terus berupaya mendukung UMKM agar tidak hanya mampu bertahan, melainkan bangkit menjadi lebih kuat dan berinovasi dalam menggeliatkan kembali bisnis UMKM. Dia mengatakan bentuk dukungan yang telah dan terus dilakukan, yakni mempromosikan produk lokal dan destinasi wisata, baik itu penyelenggaraan berbagai kegiatan ekonomi kreatif maupun pembuatan situs khusus yang baru diluncurkan saat ini.

"Kami berharap dengan adanya Website UMKM dan Pariwisata Digital Kalteng ini, dapat mempermudah pelaku UMKM terus mengembangkan usaha dan bisnisnya," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement