Sabtu 26 Jun 2021 07:01 WIB

Pembangunan Kawasan Pariwisata Borobudur Highland Dipercepat

Indonesia percepat pembangunan kawasan pariwisata Borobudur Highland

Petugas membersihkan patung Budha di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah
Foto: Anadolu Agency
Petugas membersihkan patung Budha di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Indonesia mempercepat pembangunan kawasan pariwisata Borobudur Highland yang terletak di perbukitan Menoreh, Magelang, Jawa Tengah.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno memproyeksi nilai infrastruktur dasar proyek tersebut sebesar Rp350 triliun.

“Percepatan pembangunan meliputi rencana pembangunan jalan untuk memudahkan akses menuju Borobudur Highland,” kata Menteri Sandiaga dalam keterangan tertulis, Kamis, seperti dilansir Anadolu Agency,

Dia merencanakan pembangunan di lahan seluas 309 hektare ini akan rampung pada akhir Desember.

 

“Kita harapkan ini dapat menggerakkan ekonomi, membangkitkan harapan, semangat masyarakat untuk pulih di tengah pandemi dan tantangan ekonomi,” tutur dia.

Keren, Begini Borobudur Highland Ketika Sudah Rampung

Selain itu, dia juga mengusulkan untuk menghadirkan acara-acara yang berbasis eco tourism dan sport tourism di lokasi tersebut.

“Tentunya gelaran event tersebut dilakukan dalam bingkai protokol kesehatan yang ketat dan disiplin,” ujar Menteri Sandiaga.

Dari data kemeterian Pariwisata, kawasan Borobudur Highlan berada  di perbukitan Menoreh, yakni di perbatasan antara Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), dengan Kabupaten Purworejo dan Magelang, Jawa Tengah. Total luas kawasan pariwisata tersebut adalah 309 hektar. Lahan seluas 50 hektar akan bersertifikat HPL (Hak Pengelolaan), sedangkan lahan seluas 259 hektar dikelola dalam bentuk kerja sama antara BOB dengan Perhutani.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement