Senin 28 Jun 2021 20:30 WIB

Kisah Guru Ngaji di Purwodadi

Mulanya hanya satu-dua orang saja yang mengaji, kini ada 14 santri.

IHRAM.CO.ID, Namanya Bu Tutik, usianya kini sudah 40 tahun. Ia tinggal di tengah Kota Purwodadi. Wanita tangguh yang memiliki nama lengkap Tutik Haryanti ini merupakan seorang janda. Ia berjuang menghidupi diri dan keluarganya dengan menjual Bolang-baling keliling, yakni roti goreng berbentuk kubus atau balok khas Jawa Tengah. 

Rumahnya sangat sederhana. Tak nampak barang mewah di sana. Bangunan seluas 4x6 meter itu adalah tempat tinggal dirinya dan kedua putranya yang kini tengah beranjak dewasa. Meski seorang diri membesarkan kedua putranya, Bu Tutik tak pernah mengeluh.

Baca Juga

Menjadi penjual Bolang-baling keliling ia lakukan setiap hari. Tak ada jalan lain. Hal ini ia lakukan agar bisa memenuhi kebutuhan hidup serta biaya sekolah kedua putranya. 

Sejak ia menjadi single parent, ia harus menjadi sosok yang serba bisa bagi keluarga kecilnya. Siap menjadi sosok ibu yang menyejukkan. Serta di sisi lain menjadi sosok ayah yang menjadi tulang punggung di keluarga.  

Tak seberapa keuntungan yang didapat dari menjual Bolang-baling, yakni berkisar 45 ribu saja setiap harinya. Itu saja jika semua Bolang-baling yang ia bawa laris terjual. Jika tidak maka akan semakin sedikit pula uang yang ia bawa pulang. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement