Arab Saudi Luncurkan Kontes Desain Logo Pusat Kaligrafi

Selasa , 13 Jul 2021, 13:12 WIB Reporter :Zahrotul Oktaviani/ Redaktur : Muhammad Hafil
Arab Saudi Luncurkan Kontes Desain Logo Pusat Kaligrafi
Arab Saudi Luncurkan Kontes Desain Logo Pusat Kaligrafi

IHRAM.CO.ID,RIYADH -- Kementerian Kebudayaan Saudi meluncurkan kompetisi mendesain logo untuk Pusat Kaligrafi Arab Pangeran Mohammed bin Salman, yang berbasis di Madinah.

 

Terkait

Baca Juga

Desainer, kaligrafer, maupun seniman yang tertarik untuk berpartisipasi dalam kontes ini harus mendaftar melalui tautan https://engage.moc.gov.sa/mbs_design_competition. Pendaftaran dibuka hingga 11 Agustus.

Dilansir di Arab News, Selasa (13/7), pemenang kontes ini akan menerima hadiah hingga 100,000 riyal Saudi atau Rp 386 juta.

Kontes ini dibuat dengan tujuan mempromosikan bakat pemuda Saudi dan mendorong mereka untuk memanfaatkan keterampilannya dengan baik.

Perlombaan akan berlangsung dalam tiga tahap. Tahap pertama yaitu pengajuan proposal melalui platform elektronik khusus. Proposal yang diterima akan disaring dan dinominasikan untuk tahap berikutnya.

Pada tahap kedua, para ahli akan melakukan lokakarya untuk memandu seniman terpilih membuat presentasi akhir kepada juri. Panel juri kemudian akan memilih logo pemenang.

Ada beberapa pedoman yang harus menjadi perhatian bagi para kandidat. Pedoman ini telah diinformasikan di situs web yang tersedia.

Adapun beberapa yang dimaksud antara lain, desain harus dibuat menggunakan kaligrafi Arab, nama Pusat Kaligrafi harus dalam bahasa Arab dan Inggris, serta ditempatkan di sebelah logo. Tak hanya itu, logo harus dibuat dalam ukuran kecil dan besar.

Berikutnya, desain yang diusulkan harus berbentuk digital dan berkualitas tinggi. Logo yang diajukan harus dalam warna dasar yang disarankan, yaitu hitam di atas latar belakang putih dan sebaliknya.

Pusat Kaligrafi Arab Pangeran Mohammad bin Salman memiliki museum, ruang pameran dan lembaga yang didedikasikan untuk seni kaligrafi Arab. Mereka juga mencakup forum untuk kaligrafi Arab dan Muslim.

Keberadaan lembaga ini bertujuan menjadi pusat internasional terkemuka untuk kaligrafi Arab di bawah pengawasan kementerian, memperkuat status Kerajaan sebagai pelopor di lapangan dan rumah resmi kaligrafi Arab.

Arab Saudi berusaha menyediakan lingkungan budaya dan pendidikan bagi orang-orang yang tertarik pada seni kaligrafi Arab.  

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini