Jumat 16 Jul 2021 00:41 WIB

Pematung Habiskan 8 Tahun Ukir Alquran di 30 Lempeng Marmer

Pematung Saudi menghabiskan 8 tahun mengukir kalimat Alquran ke 30 lempeng marmer

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Esthi Maharani
pematung asal Saudi menghabiskan delapan tahun mengukir kalimat Alquran ke 30 lempengan marmer
Foto: Arab News
pematung asal Saudi menghabiskan delapan tahun mengukir kalimat Alquran ke 30 lempengan marmer

IHRAM.CO.ID, TABUK -- Seorang pematung asal Saudi menghabiskan delapan tahun mengukir kalimat Alquran ke 30 lempengan marmer. Pria bernama Husban bin Ahmad Al-Enizi ini berharap prestasinya akan diakui oleh Guinness World Records.

Kecintaannya terhadap seni dimulai 20 tahun lalu, setelah ia mengembangkan minat dalam bahasa Arab. Dia mulai belajar memahat tulisan basmalah (bagian pembuka Alquran), di atas balok dan granit yang bersumber dari pangkalannya di wilayah Tabuk.

Dilansir di Arab News, Kamis (15/7), seniman tersebut telah mengambil bagian dalam berbagai acara dan festival kerajinan, yang diadakan di seluruh Kerajaan. Ia memiliki mimpi mendirikan sebuah lembaga untuk melatih kaum muda dalam seni, serta menghasilkan generasi pematung Saudi berikutnya.

Al-Enizi menggunakan kaligrafi Ottoman untuk membuat ukiran Alquran di atas lempengan marmer hijau. Ia mengatakan wilayah Tabuk, di barat laut Arab Saudi dengan banyak kastil dan istananya, telah menginspirasi para seniman selama berabad-abad.

Wilayah ini telah menjadi rumah bagi orang-orang Thamud, Aram dan Nabataean, di antara suku-suku lainnya. Situs arkeologi menunjukkan keberadaan manusia di wilayah itu sejak beberapa abad SM.

Penduduk kuno di daerah itu memproduksi bajak, perahu dan bahkan rumah dengan mengukir kayu dan batu. Al-Enizi mencatat pemerintah Saudi telah membantu menjaga pahatan dan seni serta kerajinan tradisional lainnya tetap hidup, melalui pembentukan Komisi Warisan

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement